BILA MASA TUA TIBA

IDENTITAS BUKU

Judul Buku                           : BILA MASA TUA TIBA

Pengarang/penulis buku    : MUHAMAD YASIR, Lc

Penerbit                                 : PUSTAKA AL-KAUTSAR

Tahun Terbit                         : 2021

Tebal Halaman                     : 240  Halaman

Harga buku                           : Rp 165.000,00

 

RESENSI

Buku ini berisi tentang renungan tentang masa tua bagi seorang muslim. Masa tua yang merupakan episode sekaligus kesempatan terakhir sebelum berpulang. Tidak ada lagi periode hidup setelah itu kecuali kematian. Menjemput banyak rukhsah, hak-hak, kebaikan dan berkah Allah yang tidak diberi kepada selain orang tua. Jika masa tua baik, akhirat pun akan baik. Jika buruk, maka akhirat pun menjadi buruk.

Buku ini juga memuat  tentang kisah inspirasi masa tua Nabi, para sahabat, tabi’in, ulama salaf dan orang-orang saleh terdahulu dalam melewati masa tuanya dan menyelesaikan hidup dengan benar sebelum dipanggil Allah. Selain itu, terdapat pelajaran hidup yang penting dari orang-orang berumur, bagaimana mereka mengisi masa tuanya dengan beragam kebaikan dan amal shaleh abadi serta menuntaskan janji kepada Allah sebelum akhirnya berpulang. Semakin tua, semakin menjadi pribadi yang shaleh, arif dan bijaksana kepada Allah.

Sebagaimana disampaikan oleh khalifah Ali bin Abi Thalib dalam kitab Ruhul Bayan, Maktabah Syamilah :”Aku berharap jangan diwafatkan saat usiaku masih muda. Aku ingin tua agar aku mengenal Rabbku”

           

 

Kelebihan Buku

Secara keseluruhan, buku ini bagus dan menarik. Covernya kokoh dan desainnya menarik..Tampilan buku terlihat mewah dan elegan. Kertasnya juga tebal dan tidak mudah sobek. Bentuk tulisannya juga beragam sehingga tidak bosan untuk membacanya. Bahasa yang digunakan sarat makna dan mudah difahami. Pembahasan sederhana, padat, simpel dan menggunakan kaidah bahasa yang santun. Pembahasan yang diberikan selalu mengaitkan dengan Al Qur’an, hadist-hadist dan perkataan para tabi’in dan ulama.

 

Kekurangan Buku

Bukunya terlalu besar dan lumayan berat. Karena besar dan lebar, buku tidak leluasa dibawa kemana-mana. Harga buku juga beragam.

 

Kesimpulan

Secara umum, buku ini sangat bagus dan mudah untuk dipahami diberbagai kalangan. Buku ini sangat cocok bagi kita semua, khususnya orang-orang yang sudah berusia. Buku yang sarat dengan nasihat penting dalam menggunakan usia dengan bijak serta menjadi bahan perenungan , pencerahan dan kabar gembira kepada semua yang sudah berusia tua bahwa mereka adalah manusia termulia dan dimuliakan. Disayangi penduduk langit dan bumi. Allah pun menyiapkan banyak rukhsah, hak-hak istimewa, kebaikan dan berkah yang tidak diberi kepada selainnya.

 

Pembuat resensi : Erniati Solihah