RESENSI BUKU

LAYANGAN PUTUS

 

Identitas buku

  1. Judul : Layangan Putus
  2. Pengarang : Mommy ASF
  3. Penerbit : RDM Publishers
  4. Cetakan : Keenam, Januari 2022
  5. ISBN : 978-602-0729-09-1
  6. Tebal halaman : 244 halaman
  7. Harga buku : Rp 67.500

Biografi Penulis

Dikenal dengan nama pena Mommy ASF, penulis novel Layangan Putus tersebut rupanya memiliki nama asli Eka Nur Prasetyawati. Mommy ASF juga akrab disapa sebagai dokter Eca. Selain berkarier di dunia tulis menulis, Mommy ASF rupanya merupakan seorang dokter hewan. Melalui akun Instagram @ecaprasetya, Mommy ASF kerap kali membagikan kegiatannya saat bertugas jadi dokter hewan. Tak sekali dua kali Mommy ASF juga mengisi seminar bertema perawatan hewan peliharaan. Mommy ASF saat ini menetap di Malang, Jawa Timur. Kini ia telah memiliki klinik dokter hewan sendiri yaitu Luna Pethouse yang menawarkan steril, USG, hingga kebutuhan hewan lainnya. Mommy ASF merupakan ibu tunggal dari empat anak. Meskipun demikian, dalam unggahan Instagram Story-nya, Mommy ASF bercerita bahwa hubungan anak-anak dengan ayah mereka sangat baik.

 

 Resensi buku

Layangan Putus, sebuah novel karya Mommy ASF yang mengisahkan seorang gadis bernama Kinanti yang memantapkan hatinya untuk berumah tangga bersama Aris.  Mimpinya sangatlah sederhana, ia hanya ingin menyelesaikan pendidikan tanpa terus membebani kedua orangtuanya. Hingga akhirnya gadis yang kerap disapa Kinan itu mampu menyelesaikan kuliahnya dan ia bercita-cita ingin menjadi dokter hewan.

Semua berjalan mulus, Kinan yang jatuh cinta dengan Aris dan Aris mengambil langkah untuk meminang Kinan. Banyak hal yang Kinan dapatkan Ketika bersama Aris dan cinta yang tertanam kian bertumbuh dan terus bertambah.

Bagi Kinan, Aris seorang lelaki yang mandiri, tangguh, dan sedikit memiliki watak yang keras kepala. Tapi melihat semua hal yang telah dilalui Kinan bersama Aris membuat gadis itu tetap memilih menaruh masa depannya bersama pria itu kelak.

Ketika Aris datang melamar Kinan di hadapan Ayah dan Ibu gadis itu, Kinan mengajukan tiga syarat di pernikahan mereka kelak. Yang pertama Kinan ingin agar Aris menganggap orangtuanya seperti orangtua sendiri. Syarat yang kedua, Kinan boleh bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikannya, dan ketiga, ia tidak bersedia dipoligami selama dirinya masih bisa memberi keturunan. Setelah mengatakannya Aris pun menyetujuinya .

Kinan dengan sepenuhnya mengabdikan diri kepada sang suami. Impiannya untuk menjadi wanita karir harus pupus karena memilih untuk tinggal di rumah dan menjadi ibu rumah tangga.

Masa awal pernikahan mereka sangatlah Bahagia. Aris pun mulai belajar agama dan mendalaminya. Hal itu mendorong Kinan turut memilih untuk berhijab. Aris mampu meyakinkan Kinan dengan ia yang bekerja di luar rumah cukup membawa Kinan memenuhi mimpinya. Juga mimpi kecil untuk berpetualang menaiki balon udara dan menikmati keindahan Cappadocia dari angkasa.

Namun semua berubah. Tidak ada Cappadocia atau balon udara. Semua hanya  mimpi dan tidak pernah terwujud. Suaminya, Aris, selingkuh. Kinan yang sudah menyerah seluruh hidupnya menjadi istri  Aris seorang harus pupus. Rumah tangga yang berusaha ia jaga runtuh juga. Ketika dirinya hamil anak kelima, tepat saat  itu ia keguguran, dan Kinan mengetahui Aris selingkuh.

Kinan pun akhirnya memilih pindah ke Malang dan membuka sebuah klinik hewan bersama temannya. Ia Kembali memulai hidupnya di sana. Menyekolahkan anak-anaknya di tempat yang baru.

 

 Kelebihan buku :

Buku yang mencapai cetakan keenam mampu menggambarkan dengan baik kisah seorang Kinan. Penggambaran seorang Kinan dan kisah yang dialami cukup relate dengan kisah-kisah yang sering dialami di sekitar kita. Perselingkuhan, rasa kecewa dan janji yang diingkari.

Penggambaran tokoh Kinan sebagai perempuan tangguh sungguh luar biasa. Sosok wanita yang terus bersikap baik di tengah sakit hatinya kepada Aris. Namun dirinya harus terus fokus merawat keempat buah hatinya.

Penggunaan bahasa yang santai dan lugas dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca.  Apalagi kisah yang terdapat pada novel ini bercerita tentang kehidupan-kehidupan yang kerap kali terjadi. Komitmen dalam sebuah ikatan pernikahan itu penting. Dan perselingkuhan adalah hal yang tidak lagi bisa ditoleransi. Intinya komunikasi dalam hubungan adalah sesuatu yang sangat penting..

Novel bergenre romantis, keluarga, yang sedih ini dapat menguras air mata. Sehingga bagi yang menyukai cerita-cerita sedih, romantis, yang bikin menangis dapat menambahkan buku ini ke dalam salah satu daftar bacaan.

 

Kekurangan buku :

Novel ini memiliki alur yang maju mundur sehingga mungkin ketika membaca di awal hingga akhir akan sedikit bingung.

 

Oleh : Saptiawati

Unduh Resensi Buku pada tautan dibawah ini !

https://docs.google.com/document/d/1pvGOJxuU__ubY-WGyKI7C4UKC40DQYg7/edit?usp=sharing&ouid=114583851095681890905&rtpof=true&sd=true