The Psychology of Money

Identitas buku

  1. Judul : The Psychology of Money
  2. Pengarang : Morgan Housel
  3. Penerjemah : Zia Anshor
  4. Penerbit : Bentara Aksara Cahaya
  5. Cetakan             : XXXIII, Juli 2022
  6. ISBN : 978-602-6486-57-8
  7. Tebal halaman : 233 halaman
  8. Harga buku : Rp 54.750

Biografi Penulis

Morgan Housel adalah partner di The Collaborative fund dan mantan kolumnis di The Motley Fool dan The Wall Street Journal. Dia dua kali memenangkan best in Business Award dari society of American Business Editor and Writers, pemenang New York Times Sidney Award dan dua kali menjadi finalis untuk Gerald Loeb Award

Resensi buku :

Tidak ada yang gratis, segalanya punya harga tapi tak semua harga tampil di label. Titik kegagalan paling besar dalam hal uang adalah hanya mengandalkan satu gaji untuk mendanai belanja jangka pendek, tanpa tabungan untuk bantalan antara belanja masa kini dan belanja masa depan. Membelanjakan uang untuk memamerkan betapa banyak uang yang anda miliki adalah cara tercepat memiliki lebih sedikit uang. Mengelola uang dengan baik tidak ada hubungannya dengan kecerdasan anda dan lebih banyak berhubungan dengan perilaku anda. Dan perilaku sukar diajarkan, bahkan kepada orang-orang yang sangat cerdas. Seorang genius yang kehilangan kendali atas emosinya bisa mengalami bencana keuangan. Sebaliknya, orang biasa tanpa Pendidikan finansial bisa kaya jika mereka punya sejumlah keahlian terkait perilaku yang tak berhubungan dengan ukuran kecerdasan formal. Uang – investasi, keuangan pribadi dan keputusan bisnis biasanya diajarkan sebagai bidang berbasis matematika, dengan data dan rumus memberi tahu kita apa yang harus dilakukan. Namun di dunia nyata, orang tidak membuat keputusan finansial di spreadsheet. Mereka membuatnya di meja makan atau di ruang rapat, dimana sejarah pribadi, pandangan unik anda tentang dunia, ego, kebanggaan, pemasaran, dan berbagai insentif bercampur.

Kelebihan buku :

Buku ini salah satu buku internasional best seller yang telah diterjemahkan dalam 26 bahasa. Salah satu buku keuangan terbaik dan paling orisinal, buku ini penuh dengan ide-ide menarik dan kesimpulan praktis. Bacaan penting bagi siapa saja yang ingin mengelola uang dengan lebih baik.

Kekurangan buku :

Contoh cerita didalam buku ini menggunakan mata uang dollar jadi kita harus mengkonversikan terlebih dahulu untuk membayangkan berapa nominal uang yang dimasud dalam cerita tersebut.

 

Oleh : Khoirunnisaa Anggraeni