Identitas buku

  1. Judul : SHALAHUDDIN AL-AYYUBI DAN PEMBEBASAN BAITUL MAQDIS
  2. Pengarang : Deden A Herdiansyah
  3. Penerbit : Pro-U Media
  4. Cetakan : Tahun 2022
  5. Tebal : 450 halaman

 

Resensi buku

Jalan panjang menuju Baitul Maqdis, merupakan bagian pertama dari buku ini yang menceritakan kisah Shalahuddin sejak kelahirannya, perkenalannya dengan dunia peperangan untuk pertama kali, menata Negeri Mesir yang dikuasai oleh syiah hingga akhirnya la menjadi penguasa Mesir dan mengakhiri dominasi syiah di Mesir, sampai upaya penyatuan seluruh Negeri Suriah.

Panggung perjuangan Shalahuddin di medan pertempuran dan kemenangan-kemenangan besar yang diraihnya menjadi bagian kedua dari buku ini. Dimulai dengan kemenangan di Hattin, mengembalikan Baitul Maqdis ke pangkuan Islam, jatuhnya kota-kota pesisir sebagai akhir perang salib III dan saat pahlawan besar ini menuju kehidupan abadinya.

Bagian ketiga dari buku ini mengisahkan hal-hal penting yang menjadi kunci kemenangan perjuangan Shalahuddin yaitu karakter kepemimpinan unggul yang dimilkinya, dukungan dari tokoh-tokoh hebat di zamannya, serta manajemen negara yang baik dalam berbagai aspek menjadikan Shalahuddin mampu untuk mempersatukan umat Islam.

Kisah Shalahuddin sebagai pembebas Baitul Maqdis tentu menjadi inspirasi banyak orang, karenanya penulis kemudian memaparkan beberapa hal yang bisa kita lakukan agar dapat mengikuti jejak langkah Shalahuddin. Langkah itu dimulai dari hal yang paling fundamental yaitu memperbaiki sikap umat terhadap agamanya meliputi bagaimana umat ini mau memahami agamanya dengan baik, bersikap tunduk dan patuh pada Allah serta terlibat aktif dalam perjuangan. Langkah berikutnya adalah bagaimana menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada diri umat melaui lingkungan yang baik, memberikan latihan dan penugasan agar umat ini mampu mengenali potensi kepemimpinannya sehingga akhirnya akan hadir Shalahuddin baru di era ini.

Kelebihan buku

Pada halaman awal buku ini pembaca disajikan glosarium tokoh-tokoh penting yang ada pada tiap kerajaan dan glosarium tempat-tempat penting dan letaknya dalam peta modern, nama dan istilah yang disajikan di awal halaman ini memudahkan kita dalam memahami alur cerita Shalahuddin yang disajikan oleh penulis. Selain penempatan glosarium pada awal buku, hal lain yang membuat pembaca mudah untuk menyatukan kepingan cerita Shalahuddin adalah penyajian gambar peta dan tabel yang lengkap pada setiap akhir cerita peperangan