Komunikasi Bebas Konflik

RESENSI BUKU

OLEH: CICI RAHERANI

  1. Identitas Buku

Judul Buku                 : Komunikasi Bebas KOnflik

Pengarang                  : Hiromi Yamasaki

Penerbit                     : Gramedia Pustaka Utama

Cetakan ke                : Pertama

Tahun Terbit             : 2021

Tebal Buku               : 145 halaman

ISBN                           : 9786020633060

Harga                         : Rp. 92.000

  1. Isi Buku

Kita manusia adalah mahkluk sosial, oleh sebab itu kemampuan untuk bersosialisasi sangatlah penting. Maka kita harus memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dengan sesama manusia dengan baik, agar kitab bisa menjadi manusia yang baik dalam lingkungan. Salah satu hal terpenting dalam Sosialisasi adalah masalah Komunikasi. karena komunikasi adalah salah satu media kita untuk menyampaikan sesuatu yang berguna dalam kehidupan Sosial.

Dalam berkomunikasi tentu tidak bisa sembarangan, karena jika kita sembarangan maka dikhawatirkan akan memberikan dampak buruk terhadap diri sendiri atau lingkungan sosial, dan itu akan memberikan kerugian, yang seharusnya kerugian itu bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan jika kita tahu cara untuk berkomunikasi dengan benar.

Karena alasan diataslah buku ini diharapkan bisa untuk memberi sedikit petunjuk dalam hal komunikasi. Karena dalam kehidupan, sosial kita tidak bisa 100% cocok terhadap semua orang yang ada di lingkungan tersebut, pasti dilingkungan manapun kita berada maka kita akan menemukan karakter orang yang berbeda-beda, kadang ada Sebagian orang yang dirasa cocok dengan kita, kadang ada Sebagian yang biasa saja, dan bahkan ada Sebagian orang yang kita sulit untuk dihadapi karakternya.

Buku ini akan mengungkapkan cara-cara agar mudah berhubungan dengan orang lain tanpa harus mengeluarkan energi konfrontasi, karena biasanya komunikasi yang diiringi dengan konfrontasi maka akan menghasilkan hasil yang tidak baik, setelah membaca buku ini diharapkan kita bisa tahu cara berkomunikasi bebas konflik dalam bersosialisasi. Walaupun sejatinya buku ini adalah buku bisnis, tetapi trik-trik yang ada dibuku ini dapat diaplikasikan kedalam setiap kehidupan sosial dilingkungan manapun, karena menurut penulis sejatinya “esensi komunikasi adalah sama”.

  1. Keunggulan Buku
  • Dilengkapi komik bergambar yang dapat menarik perhatian pembaca dan menambah imajinasi pembaca untuk lebih memahami isi buku yang di sampaikan.
  • Hal-hal yang dirasa penting sudah dicetak tebal / bold oleh penulis, sehingga memudahkan pembaca untuk menepukan point-point penting disetiap halaman.
  • Buku ini tidak hanya berisi materi, tapi juga memiliki halaman tugas untuk melatih dan mengasah kemampuan kita.
  1. Kelemahan Buku
  • Tampilan cover buku kurang menarik. Lebih baik jika ditampilkan ilustrasi yang berkaitan dengan judul buku agar pembaca lebih tertarik dengan buku tersebut sebelum membacanya.
  • Buku ini adalah terbitan jepang, sehingga mungkin ada beberapa budaya, istilah, atau nama yang tidak semua orang Indonesia mengetahuinya. Alangkah lebih baik jika pihak penerbit dari Indonesia mencantumkan footnote disetiap halaman yang membahas istilah-istilah asing agar lebih mudah dipahami.