Wingit

JUDUL BUKU       : WINGIT

PENGARANG        : Sara Wijayanto,
EDITOR                  : Abdul Malik

PENERBIT             : Elex Media Komputindo,6 Desember 2020

DESKRIPSI            : 256 halaman

ISBN                        : 9786230021831

HARGA                   :  RP. 34.000,-

 

 

 

  1. ABSTRAKSI

 

Novel bertema Horor menceritakan tentang pengalaman Sara Wijayanto selama penelusurannya di tempat yang sudah lama tidak dihuni oleh penghuni dan di dalamnya menyimpan kisah misteri, dianggap “angker” atau berpenghuni makhluk tak kasat mata.

Kisah yang dituangkan dalam novel Wingit berisi perjalanan hidup si sosok yang mendiami suatu bangunan kosong, sudah lama ditinggal pergi sang pemilik rumah atau bangunan, Salah satu sosok yang diceritakan ialah Siti mencoba bercerita lewat Sara, kisah semasa ia hidup. Siti mengungkapkan keinginannya untuk menjadi wanita pada umumnya, tidak pernah bermimpi bekerja sebagai wanita penghibur. Siti tidak bisa memilih jalan karirnya karena lingkungan yang membawanya harus menjalani hidup dalam sisi gelap.

Tujuan Sara menuliskan kisahnya dalam menelusuri sebuah lokasi dalam bentuk buku, tak lain untuk memperkenalkan sosok yang dulunya pernah hidup dengan segala kisah manis pahitnya hidupnya.

Kita akan mendapatkan rasa takut karena terdapat gambar makhluk astral yang tidak bisa dilihat secara kasat mata dan tidak semua makhluk astral itu jahil kepada manusia yang masih hidup.

 

  1. KEKURANGAN DAN KELEBIHAN BUKU

 

Kelebihan Buku

 

Novel berjudul wingit ini menceritakan sosok tak kasat mata yang terdapat dalam setiap bangunan. Sara menuliskan kisahnya dalam bentuk buku dengan tujuan untuk memperkenalkan sosok yang pernah hidup dengan berbagai kisah manis dan pahitnya dahulu. Hal ini memberikan pelajaran kepada kita yang masih hidup saat ini agar tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat diri sendiri menyesal layaknya seorang yang diceritakan oleh sara dalam bukunya.

 

Kekurangan Buku

 

Kekurangan buku ini ialah adanya gambar makhluk astral di dalamnya kehadiran gambar ini di satu sisi bisa membangkitkan imajinasi pembaca mengenai sosok yang dibicarakan, akan tetapi disisi lain gambar ini pasti mengundang rasa takut bagi kalian para pembaca.

 

  1. KESIMPULAN

 

Bentuk nilai Pendidikan karakter pada cerita novel “wingit” adalah diungkapkan secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga ditemukan nilai Pendidikan karakter antara lain A) Nilai Pendidikan Karakter dalam Hubungannya dengan Tuhan, di dalam penelitian ini terdapat 7 kutipan yang termasuk contoh perilaku dari para tokoh dan mencerminkan nilai Religius, B) Nilai Pendidikan Karakter dalam Hubungannya dengan Diri Sendiri di dalam penelitian ini terdapat 39 kutipan yang termasuk contoh perilaku dari para tokoh dan mencerminkan nilai Kepribadian, C) Nilai Pendidikan Karakter dalam Hubungannya dengan Manusia Lain, penelitian ini terdapat 16 kutipan yang termasuk contoh perilaku dari para tokoh dan mencerminkan nilai sosial. Sehingga jumlah keseluruhan nilai pendidikan karakter terdapat 62 kutipan. Ketiga nilai utama karakter bukanlah nilai yang berdiri dan berkembang sendiri-sendiri melainkan nilai yang berinteraksi satu sama lain, yang berkembang secara dinamis dan membentuk keutuhan pribadi.

Oleh : Sudarmadhi