Beyond The Inspiration

  • Identitas Buku

Judul Buku                : Beyond The Inspiration

Penulis                      : Felix Y. Siauw

Tebal Buku               : 267 halaman

Penerbit                     : Khilafah Press

Tahun Terbit             : 2019

ISBN                           : 978-602-17997-1-0

 

  • Sinopsis

Menjadi seorang muslim yang kafah tidaklah mudah, terlebih di tengah arus deras sekularisasi seperti saat ini. Tidak heran, banyak orang yang begitu serius dalam urusan dunia, tetapi begitu mudah melalaikan perkara akhirat.

 

Tidak kita mungkiri, kondisi ini di antaranya tersebab mayoritas orang lebih suka memercayai sesuatu sebatas yang mereka indra, padahal sejatinya banyak hal yang tidak mampu mereka indra semata karena kelemahan dan keterbatasan dirinya. Kemenangan, kebangkitan Islam, serta janji Allah dan bisyarah Rasul-Nya adalah termasuk hal-hal yang tidak terindra itu. Oleh karenanya, sungguh satu-satunya kunci adalah dengan menggunakan kacamata keimanan sebagai paradigma kehidupan.

 

Dalam buku ini, penulis mengajak kita membangkitkan pemikiran bahwa Islam memiliki segudang jejak perjalanan kaum muslim yang menembus batas inspirasi (beyond the inspiration). Lagi-lagi semua itu semata karena keimanan mereka. Penulis juga mengajak pembaca untuk menyelami jejak-jejak itu, bukan sekadar sebagai romantika sejarah, melainkan sebagai realitas yang bisa terjadi kapan saja selama keimanan dipegang teguh oleh kaum muslim.

 

Sungguh, muslim sejati adalah mereka yang menjadikan janji Allah sebagai peneduh di tengah teriknya ujian dan tantangan, terutama dalam perjalanan dakwah menyampaikan kalimat-Nya. Demikian halnya dengan bisyarah Rasulullah saw.. Bagaikan mata air di tengah keringnya harapan di hadapan manusia-manusia sekuler nan durjana.

 

Namun, yang pasti, janji Allah dan bisyarah Rasul-Nya adalah inspirasi teragung bagi setiap mukmin yang merindukan kebangkitan Islam. Jelas bagi mereka bahwa menggantungkan harapan kepada selain-Nya adalah fatamorgana belaka.

 

Kisah pengorbanan sahabiyah Sumayyah ra. pada masa awal dakwah Rasulullah saw. di Makkah, kepahlawanan Saad bin Abi Waqqash ra. dalam jihad penaklukan Persia, heroiknya Thariq bin Ziyad saat membebaskan Andalusia hingga briliannya Muhammad Al-Fatih ketika menaklukkan Konstantinopel, adalah sederet peristiwa yang membuktikan tampilnya keimanan mereka dalam menembus batas realitas. Mereka tidak hanya melihat kemenangan sebagai muara perjuangan, tetapi dengan keimananlah mereka mampu meraih kemenangan itu sekaligus membuat Islam berjaya dan dapat tersebar makin luas ke seluruh dunia.

 

Tidak lupa, penulis mengutip ayat-ayat berikut ini untuk menambah kobaran keyakinan kaum mukmin agar makin mantap menembus batas realitas, “Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa.”(QS Al-Baqarah [2]: 2).

 

Juga ayat, “Dan (telah menjanjikan pula kemenangan-kemenangan) yang lain (atas negeri-negeri) yang kamu belum dapat menguasainya yang sungguh Allah telah menentukan-Nya. Dan adalah Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS Al-Fath [48]: 21).

 

 

 

  • Kelebihan Buku
  • Design cover bagus dan menarik
  • Gaya Bahasa kekinian dan mudah dipahami
  • Isi buku menarik, memotivasi dan sangat inspiratif
  • Hujjah dan argument buku ini sangat kuat dan obyektif
  • Susunan kalimat yang sistematis, mengalir, mudah, dan enak dibaca

 

  • Kekurangan Buku

Beberapa materi dalam buku ini pernah dibawakan dalam dakwah Ustad Felix baik dimedia social seperti Instagram, tiktok dan youtube, sehingga bagi yang mengikuti akun beliau pasti mengetahui tersebut dan merasa mengulang materi yang sudah pernah diberikan.