Para Penggerak Revolusi

Para Penggerak Revolusi

Deskripsi Buku

Deskripsi Buku

“Revolusi Prancis, mendudukkan harga manusia pada tempatnya yang tepat. Dengan hanya memandang manusia pada satu sisi, sisi penderitaan semata, orang akan kehilangan sisinya yang lain.” (Pramoedya Ananta Toer, 1966) Revolusi dalam sebuah negara merupakan perusahaan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat. Revolusi ini menjadi penanda perubahan dan dan fase transisi terjadinya era baru dalam sebuah negara. Perubahan yang terjadi dapat direncanakan atau tanpa direncanakan dan dapat dijalankan tanpa kekerasan atau melalui kekerasan.

Dalam buku ini berisi :

Bab 1: Para Penggerak Revolusi Perancis

Bab 2 : Para Penggerak Revolusi Industri Inggris

Bab 3 : Para Penggerak Revolusi Amerika

Bab 4 : Para Penggerak Revolusi Rusia

Bab 5 : Para Penggerak Revolusi Jepang

Bab 6 : Para Penggerak Revolusi Tiongkok

Bab 7 : Para Penggerak Revolusi Iran

Bab 8 : Para Penggerak Revolusi India

Bab 9 : penggerak Revolusi Anti-Apartheid Afrika Selatan

Bab 10 : Motor Penggerak Revolusi Turki

Bab 11 : Para Penggerak Revolusi Kuba

Bab 12 : Para Penggerak Revolusi Hijau

“Kamu tidak dapat membeli revolusi. Kamu juga tak bisa membuat sebuah revolusi. Kamulah revolusi. Itu ada dalam jiwamu,atau tidak di mana pun”. -Ursula K. Le Guin,

Penulis Terkenal Amerika Serikat. “Mandela telah menunjukan sebuah tindakan dan gagasan yang luar biasa untuk melawan kerasnya kenyataan sejarah”. -Barack Obama, Mantan Presiden Amerika Serikat.”

“Selama hidup, saya telah mendedikasikan diri untuk perjuangan Bersama orang-orang Afrika. Saya telah berjuangmelawan dominasi putih, juga berjuang melawan dominasi hitam”. Itulah kalimat yang diucapkan Nelson Mandela. Ia adalah politisi Adrika Selatan pertama berkulit hitam yang terpilih melalui keterwakilan penuh dalam sebuah pemilu multiras.

Dalam hidup Nelson Mandela  memperjuangkan anti-apartheid, yakni system pemisahan ras yang diterapkan oleh pemerintah kulit putih di Afrika Selatan. Keberhasilannya dapat dinikmati dunia hingga saat ini, yakni tidak ada lagi perbedaan antara ras kulit putih dan ras kulit hitam.

Selain Nelson mandela dalam buku ini terdapat beberapa tokoh revolusioner yang membawa kemajuan dunia. Di antaranya ialah tokoh Napoleon Bonaparte, Che Guevara, Mahatma Gandhi, dan Jawaharlal Nehru. Tentunya, masih ada beberapa tokoh lain yang menjadi motor revolusi? Siapa saja mereka? Hanya di buku ini kita akan menemukan jawabannya!

Detail Format : Soft cover Jumlah halaman : 528 halaman Tanggal terbit : 24 Juli 2017 Penerbit : Laksana Penulis : L. Santoso. A. Z Panjang : 20 cm Lebar : 14 cm Berat : 0.43 kg ISBN : 9786024071240 Bahasa : Indonesia

 

Oleh : Tugiman