Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif

Judul               : Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif
Pengarang       : Ali Murtadlo dan Zainal Aqib
Penerbit           : Yogyakarta, Pustaka Referensi 2022
Tebal Buku     : 312 halaman
Cetakan           : Cetakan Pertama tahun 2022

Intisari Karya

Metode Pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam praktik belajar dan pembelajaran, karena dengan metode pembelajaran peserta didik dapat diarahkan pada kualitas pembelajaran yang efektif dan bermakna. Metode pembelajaran yang efektif dan inovatif adalah metode pembelajaran yang memiliki landasan teoritik yang humanistik, lentur, adaptif, berorientasi kekinian, memiliki sintak pembelajaran yang sederhana, mudah dilakukan, dapat mencapai tujuan, dan hasil belajar yang optimal.

Metode pembelajaran juga dapat diartikan sebagai cara, contoh, ataupun pola, yang mempunyai tujuan menyajikan pesan kepada peserta didik yang harus diketahui, dimengerti, dan dipahami, yaitu dengan cara membuat suatu pola atau contoh dengan bahan-bahan yang dipilih oleh pendidik sesuai dengan materi yang diajarkan dan dengan pengelolaan kelas yang baik.

Berbagai macam metode pembelajaran yang dijelaskan secara detail pada buku ini dapat menjadi referensi bagi pendidik untuk menjadikan proses pembelajaran yang dapat mewujudkan tujuan pembelajaran yang dicapai. Perkembangan metode pembelajaran saat ini memungkinkan pendidik untuk dapat memberikan pembelajaran yang lebih bermakna sehingga akan memberikan manfaat yang jauh lebih besar bagi peserta didik.

Kelebihan Buku

Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif adalah buku yang dapat menjadi rujukan bagi pendidik untuk dapat mengefektifkan proses pembelajaran, pada buku ini juga dijelaskan secara detail kelebihan dan kelemahan pada masing-masing metode pembelajaran sehingga pendidik dapat meminimalisir kekuarangan-kekurangan yang terjadi.

Buku ini juga menjelaskan langkah-langkah dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga dapat dipahami dengan baik oleh pendidik. Pada buku ini juga disajikan metode-metode pembelajaran yang adaptif terhadap perkembangan dunia Pendidikan saat ini.

 

 

 

Kekurangan Buku

Penggunaan metode pembelajaran yang inovatif adalah sebuah keniscayaan untuk mengikuti perkembangan dunia Pendidikan saat ini. Buku ini banyak memberikan metode-metode pembelajaran yang inovatif hanya saja pada buku ini tidak semua metode dijelaskan dengan sintaks pembelajarannya. Pada buku referensi lainnya yang membahas hal yang sama dapat ditemukan penguraian konsep yang lebih detail melalui sebuah gambar, dan pada buku ini hanya menjelaskan secara teks.

Kesimpulan

Buku Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif dapat memberikan pengalaman baru bagi pendidik dalam proses kegiatan belajar mengajar. Hal ini dikarenakan banyaknya metode-metode pembelajaran yang inovatif.

Kegiatan pembelajaran yang inovatif tetntunya akan membawa semangat baru dalam proses kegiatan pembelajaran, pengukuran terhadap efektifitas dan efisiensi waktu pun sudah dijelaskan pada buku ini melalui penjabaran kelebihan dan kelemahan dari masing-masing metode.