Surga Yang Harus Kujaga

 

IDENTITAS BUKU

 

Judul Buku                    :  Surga Yang Harus Kujaga

Penulis                           :  Sean Hasyim

Editor                              :  Budhi

Desain Cover               :  Oesman Artgensi

Penata Letak                :  Die­­_Purwandie

Tahun Terbit                :  2016

Jumlah Halaman         :  152 halaman

Ukuran Buku                :  13 x 19 cm

Genre                             :  Novel, Religi

Penerbit                        :  Euthenia

ISBN                                :  978-602-1010-99-0

Harga Buku                   :  Rp. 12.500

 

SINOPSIS BUKU

 

Buku ini menceritakan kisah tentang seorang anak yatim bernama Alan Wijaya yang pada awalnya sering kali tidak mendengarkan nasehat orang tua dan sering menyakiti hati ibunya. Alan adalah seorang mahasiswa sekaligus seorang aktor sinetron yang sedang populer. Kesibukannya syuting membuat ia melupakan sejenak urusan kuliahnya. Dia tidak menyukai ibunya karena dianggap cerewet selalu menanyakan tentang kuliahnya.

 

Suatu ketika saat ia  pulang syuting dan merasa lapar, ibunya terus menanyakan hal yang sama mengenai kuliahnya. Karena tidak nyaman dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh ibunya, Alan pun pergi meninggalkan rumah. Saat ia pergi dari rumah dirinya merasa lapar dan berhenti di sebuah warung makan, tetapi dia tidak punya uang. Saat berhenti di depan warung tersebut pemilik warung mengetahui jika dia artis. Akhirnya dia diajak oleh bapak pemilik warung tersebut masuk dan dia diambilkan minum dan makanan. tetapi dia menolak karena dia  tau dia tidak punya uang. Tetapi bapak pemilik warung tersebut menanggapi dengan baik. Meskipun ia tidak punya uang untuk membayar bapak itu meminta dia membayar dengan berfoto dengan bapak tersebut karena anaknya sangat suka pada dia. Pada saat sedang berbincang – bincang ada seorang bapak dan anak yang membeli 1 bungkus nasi beserta lauk tempe dan tahu tetapi dimakan untuk berdua. Tetapi makanan tadi tidak dihabiskan sisanya dibungkus untuk makan ibunya. Ibunya sakit jiwa sejak lama. Anak tersebut dan keluarganya tinggal di tanah kosong yang disewakan oleh pemilik tanha itu untuk tempat tinggalnya. Karena penasaran dia ingin mencari tahu rumah anak tersebut dan bapak pemilik warung tersebut memberi tahu alamatnya. Ketika dia mencari dia berhenti di sebuah warung kecil dan bertanya dan menitipkan motornya. Setelah itu ia berjalan menuju rumak anak itu. Saat sampai dirumahnya ia melihat anak itu bersama ibunya.

 

Anak tersebut Bernama Siti. Ia melihat Siti sedang mengikati rambutan dan ia membeli semua rambutan itu karena dia tidak tega dengan Siti. Siti putus sekolah karena harus menjaga ibunya. Setelah beberapa kali kesana, dia tidak melihat lagi rumah Siti tenyata setelah bertanya – tanya ternyata pemilik tanah itu mengusir keluarga Siti karena tanah itu akan di beli orang. baginya Siti adalah malaikat dan pembimbingnya. Karena setelah dia bertemu dengan Siti, ia tau bagaimana pengorbanan seorang ibu baginya. Setelah itu ia meminta maaf kepada ibunya karena selama ini ia selalu membantah. Dirinya berjanji jika sinetron yang dibintanginya selesai ia akan meneruskan kuliahnya. Janjinya pun dia tepati dengan meneruskan kuliahnya hingga selesai

 

 

 

 

UNSUR INTRINSIK NOVEL

  1. Tema

Tema dalam novel Surga yang Harus Ku Jaga yaitu tentang perjuangan seorang Ibu. Sehingga dalam novel ini mensiratkan pesan agar kita selalu menyayangi dan menghormati ibu.

  1. Tokoh

Tokoh yang terdapat di dalam novel yaitu Alan Wijaya, Ibu, Siti, Bapak pemilik warung, dan Bapak Siti.

  1. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Surga yang Harus ku Jaga yaitu alur campuran. Terdapat cerita yang sedikit membahas masa lalu dan masa di kemudian hari.

  1. Sudut Pandang

Sudut pandang dalam novel menggunakan sudut pandang orang pertama dan ketiga. Dimana pengarang menggunakan tokoh aku di dalam novel.

  1. Latar Tempat

Latar tempat kejadian yang diceritakan di dalam novel yaitu di tempat syuting, warung makan, rumah Alan, dan rumah Siti.

  1. Latar Waktu

Latar waktu dalam novel menggambarkan suasana waktu pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari.

  1. Diksi

Diksi atau gaya bahasa yang digunakan dalam novel sangat sederhana, menggunakan bahasa sehari-sehari. Sehingga isi novel ini mudah untuk dipahami.

  1. Amanat

Amanat yang terdapat di dalam novel yaitu kita harus selalu menjaga perasaan ibu, jangan sampai menyakiti ibu.

 

UNSUR EKSTRINSIK NOVEL

Adapun unsur ekstrinsik dalam novel Surga yang Harus Ku Jaga yaitu:

  1. Nilai Religius

Di dalam novel Surga yang Harus Ku Jaga memuat nilai religius dimana dalam agama Islam diajarkan bahwa Surga ada di bawah kaki ibu.

  1. Nilai Sosial

Keinginan Alan untuk menolong dan membantu keluarga Siti yang memang mengalami permasalahan dalam hal ekonomi.

  1. Nilai Moral

Nilai moral yang terdapat dalam novel Surga yang Harus Ku Jaga yaitu terlihat dari sikap Siti yang selalu menyayangi ibunya meski kondisi jiwa ibunya terganggu.

 

KELEBIHAN BUKU

  • Kelebihan novel Surga yang Harus Ku Jaga yaitu mempunyai alur yang sederhana sehingga ceritanya mudah untuk dipahami.
  • Ukuran font dan spasi yang digunakan cukup besar sehingga nyaman dalam membaca novelnya

 

KEKURANGAN BUKU

  • Kekurangan novel Surga yang Harus Ku Jaga yaitu ceritanya terlalu mudah ditebak akhir ceritanya.
  • Tidak ada pembatas buku untuk menandai halaman akhir yang telah dibaca

 

 

 

 

Dwi Handayani