Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPN 2021

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPN 2021

Direktur Jenderal Pendidikan vokasi (DIksi) Kemendikbud Wikan Sakarinto, secara resmi membuka jalur penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi yaitu seleksi nasional masuk politeknik negeri (SNMPTN) 2021. Jalur SNMPTN ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jalur vokasi.
“Kami pun dikementrian sangat mendukung proses seleksi di Politeknik ini. Karena dibutuhkan SDM yang unggul untuk memajukan vokasi kedepannya.” Ujarnya. Pendaftaran calon peserta/siswa melalui jalur SNMPTN ini tidak dikenakan biaya sepeser pun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur SNMPTN ini juga mengakomodir calon peserta/siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah, tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program KIP-K.
Selain bergabung dalam seleksi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Politeknik juga memiliki jalur seleksi terpisah yang diselenggarakan oleh FDPNI. Jalur SNMPTN ini merupakan jalur seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Jika tahun lalu ada 42 Politeknik Negeri yang bergabung pada seleksi ini, ditahun ini ada tambahan dua politeknik lagi, yaitu Politeknik Nusa Utara dan Politeknik Negeri Nunukan .
Sementara itu, Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Se-Indonesia, Zainal Arief mengatakan, dengan bergabungnya politeknik dengan LTMPT ini, secara tidak langsung akan mendukung terbentuknya karakter bersaing di antara calon pendaftar, yaitu lulusan SMA, SMK, MA sederajat.
Kendati demikian, Zainal menyebutkan, untuk mendaftar pendidikan vokasi, saat ini ada lima jalur meliputi SNMPTN, SBMPTN, SNMPN dan Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), serta seleksi mandiri.
Ia menambahkan, sebelum mengikuti penerimaan mahasiswa baru yang menawarkan lima jalur seleksi ini, sebaiknya peserta memperhatikan persyaratan, kelengkapan serta jadwalnya. Dengan begitu, tidak salah memilih jalur penerimaan. Untuk mengetahui informasi, pendaftar dapat mengakses laman LTMPT dan pusat informasi politeknik negeri se-Indonesia melalui laman http://politeknik.or.id/
(NZ/HRS)
https://www.jpnn.com/news/dibuka-penerimaan-mahasiswa-baru-jalur-snmpn-2021