Perbaiki Diri, Perbarui Hati

Perbaiki Diri, Perbarui Hati

 

Identitas buku

Judul          : Perbaiki Diri, Perbarui Hati

Pengarang : A.R. Shohibul Ulum

Penerbit : Checklist

Cetakan : ke – 4, 2022

ISBN : 9786237046097

Tebal halaman : 280 halaman

 

Resensi buku

Dari langit, kita belajar. Jika mudah bagi Allah menciptakan langit yang sedemikian luasnya tak terkira, yang membentang dari bujur timur ke bujur barat, tak bertiang walau sehelai benang, tanpa manusia tahu dimana ujungnya, dan megatur peredaran seluruh benda di langit dengan sedemikian teratur dan tertata. Maka betapa mudahnya bagi Allah untuk sekedar mencukupi rezekimu dan mengabulkan semua keinginan dan harapanmu, yang dibanding besarnya alam jagat raya mungkin tak lebih besar dari sebutir debu dan tak lebih kecil dari pasir yang diterpa angin.

 

Rezeki yang manusia kejar habis-habisan dengan peluh mengucur di sekujur badan itu tak lebih dari rezeki yang telah Allah tetapkan untukmu. Itu karena rezeki sudah tertakar porsinya, tak kurang pun tak lebih. Sedangkan untuk syurga yang dicita-citakan sebagai kampung halaman tempat kembali, belum ada jaminan bahwa namamu tercatat di sana dan belum ada kepastian bahwa kamu akan tinggal di bilik mana, sementara memesan tiket surga pun enggan kamu segerakan.

 

Dari dua gambaran penjelasan di atas perlu kita renungkan, perlu kita bermuhasabah, bahwa dalam perjalanan hidup di dunia, tentu seorang muslim tidak akan lepas dari kesalahan dan dosa sebagai akibat hawa nafsu yang telah dilakukannya. Selain itu, buah pemikiran yang dihasilkan manusia yang dibangga-banggakan oleh pemiliknya tidak jarang menyelisihi kebenaran, tidak sedikit bertentangan dengan ajaran yang ditetapkan Allah dan rasul-Nya. Oleh karenanya waktu yang Allah berikan kepada manusia di dunia sepatutnya digunakan untuk terus introspeksi dan mengoreksi segala perilaku dan pikiran, sehingga mendorongnya kita untuk terus berbuat baik yang bernilai ibadah dan untuk selalu berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya.

 

Masih banyak lagi yang bisa kita ambil hikmah untuk terus bermuhasaba dari isi bacaan buku ini, diantaranya:

Tuhan, Maaf, Kami Khilaf

Run to Allah

Zikir Hati

Sehari di Padang Mahsyar

Menanti di Barzakh

Belajar Berihsan

Tuhan, Kembalikan Kami ke Dunia!

 

Kelebihan buku :

Buku dengan judul “Perbaiki Diri Perbarui Hati” ini disusun dengan bahasa yang sangat mudah dipahami. Buku ini berisi renungan dan ajakan untuk instrospeksi diri agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Ajakan ini terkait dengan muhasabah atau introspeksi diri yang memang sudah menjadi kewajiban bagi setiap Muslim. Dengan rutin bermuhasabah, insya Allah hati kita akan terjaga dari kelalaian, mulut terhindar dari mengucapkan keburukan, dan diri terpelihara dari segala maksiat. Materi yang dipaparkan selalu menyertakan ayat suci Al-Qur’an dan Hadist beserta terjemahannya. Setelah membaca buku ini tentunya sangat menambah ilmu pengetahuan dan terus berusaha memperbaiki kualitas ibadah yang kita jalani dalam kehidupan sehari-hari sebagai bekal untuk kehidupan kekal di akhirat kelak.

 

 

Oleh : Nur Roqimah