Yes to Life: Katakan Ya pada Kehidupan Apa pun yang Terjadi

RESENSI BUKU

  1. Identitas buku
  2. Judul : Yes to Life: Katakan Ya pada Kehidupan Apa pun yang Terjadi
  3. Pengarang : Viktor E. Frankl
  4. Penerjemah : Pangestuningsih
  5. Cetakan ke-1 : Juni 2021
  6. Penerbit : Noura Books (PT Mizan Publika)
  7. Tebal : 169 halaman

 

  1. Sinopsis Buku

Kehilangan makna hidup, perkara yang satu ini kadang membuat kita kebingungan dan memicu gejala stres hingga Depresi. Untuk bisa menemukan kembali makna hidup, kita memang perlu melakukan sesuatu. Ada tiga cara yang bisa kita lakukan untuk menemukan makna hidup. Seperti yang dipaparkan di buku Yes to Life ini, Kita telah mengetahui bahwa pemenuhan makna hidup manusia dapat dilakukan dalam tiga arah: manusia mampu memberikan makna pada eksistensinya, pertama dengan melakukan sesuatu, dengan bertindak, dengan mencipta-mewujudkan sebuah karya; kedua, dengan mengalami sesuatu-alam, seni-atau orang-orang yang menyenangkan, dan ketiga, manusia dapat menemukan makna untuk menemukannya dengan kedua cara di atas, yaitu persis saat mereka mengambil posisi di hadapan hal-hal yang tak bisa diubah, tak terhindarkan, sudah ditakdirkan, serta batasan-batasan diri mereka yang tak terelakkan: bagaimana mereka beradaptasi dengan batasan-batasan ini, bereaksi terhadapnya, bagaimana mereka menerima nasib ini.”

Viktor menguraikan bahwa hidup seseorang terisi dengan baik bukan bergantung pada sebera besar pengaruh tindakannya, melainkan pada apakah lingkaran hidupnya itu cukup terpenuhi. Dalam siklus lingkarannya, setiap manusia tidak tergantikan dan tidak bisa diduplikasi, dan ini berlaku bagi setiap orang,” (hlm. 59)

Tiap orang punya peran dan cara tersendiri dalam mengisi hidupnya dengan makna terbaik yang ia yakini. Bisa dibilang tidak ada peran yang terlalu kecil atau besar. Seperti si asisten penjahit itu, dia tetap bisa menjadi manusia yang bermanfaat dan memberi makna hidup dengan caranya sendiri. Kemampuan tiap orang berbeda-beda, maka cara kita menghadirkan makna dalam hidup tak harus sama.

  1. Kelebihan Buku
  • Isi bukunya inspiratif (dapat memotivasi dalam kehidupan )
  • Berdasarkan beberapa kisah nyata yang inspiratif

 

 

 

 

Oleh : Ririh Rohmatun