Panduan Menjadi Guru Islami, Mendidik Dengan Hati untuk Mencetak Generasi Rabbani

Panduan Menjadi Guru Islami,

Mendidik Dengan Hati untuk Mencetak Generasi Rabbani

 

Identitas Buku

  • Penulis                       : Assyabiya Ariffah
  • Penerbit                     : Araska
  • Cerakan/Tahun terbit  : I/2020
  • Terdiri dari                  : 5 Bagian
  • Harga Buku                 : Rp. 54.000
  • Tebal Buku                  : 228 halaman

 

Dalam buku ini bukan hanya disajikan teknik mengajar tetapi juga bagaimana seorang guru mengelola diri dan membentuk kepribadiannya. Buku ini membantu para guru agar mampu mengajar dengan cerdas dan bijak. Dengan demikian, seorang guru mampu mendidik dengan hati dan mampu mencetak generasi rabbani.

Penulis menceritakan lika-liku kehidupan seorang guru yang menghadapi cobaan hidupnya serta memberikan motivasi dan dukungan agar guru tetap optimis dan berani melakukan apa yang harus dikerjakan.

Diantaranya isi dari buku ini yaitu.

  • Bagian 1 : Guru itu Hebat Tapi Berat
  • Bagian 2 : Jadikan Muridmu Sebagai Anakmu
  • Bagian 3 : Jadi Guru itu Harus Sabar
  • Bagian 4 : Jadi Guru itu Harus Ikhlas
  • Bagian 5 : Buang Jauh Kesedihan, Tingkatkan Kualitas

 

Ilmu adalah perantara bagi manusia untuk mencapai tujuan. Ilmu memudahkan manusia dalam menggerakan pikiran dan melakukan perbuatan sehingga mendapatkan hasil yang diharapkan. Kemuliaan orang berilmu jauh lebih baik dibanding orang yang tidak berilmu. Orang yang berilmu akan mendapatkan kebaikan dari ilmunya. Kebaikan itu akan menyebar kepada orang-orang yang berada di sekitarnya.

Seorang guru adalah orang yang berilmu. Oleh karena itu, seorang guru harus menyampaikan apa yang diketahuinya kepada orang lain. Apa yang diketahui itu adalah ilmu. Dengan ilmu itulah seorang guru akan memberi manfaat kepada diri sendiri maupun kepada orang yang telah menerima ilmu itu. Ilmu adalah sumber kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Guru adalah profesi yang sungguh berat. Di pundak guru dibebani segudang tanggung jawab terhadap perubahan pengetahuan yang mengarah pada perilaku siswa menuju akhlak yang baik. Wahai Guru yang bijak. Persoalan-persoalan yang harus engkau hadapi setiap hari, di sekolah maupun di rumah, semua itu dapat membuat engkau tenggelam dalam kesedihan yang amat menyakitkan.

Melalui buku ini, kita diajak untuk menjadi pribadi yang kuat dalam menghadapi cobaan. Bersama buku ini, kita diajak untuk belajar tersenyum dalam setiap kesulitan. Bersama buku ini, InsyaAllah kita akan dituntun menuju surga Allah Swt. Aamiin.

Untuk menjadi seorang guru tidaklah mudah, banyak cobaan dan rintangan yang harus dihadapi oleh seorang guru. Namun penulis memberikan semangat dan motivasi bagi seorang guru untuk tetap tabah, sabar, ikhlas, tawakal dan selalu mengajarkan untuk mengingat Allah dimanapun dan kapanpun dia berada.

Penulis juga selalu memberi motivasi bagi guru untuk selalu berdo’a dan minta perlindungan hanya kepada Allah. Karena semuanya hanyalah milik Allah semata.   Pada Era sekarang ini, seorang guru dituntut harus lebih cepat berkembang dan lebih berkualitas. Guru tak lagi memiliki waktu berkeluh kesah, apalagi meratapi kesulitan-kesulitannya.

Oleh sebab itu, kemampuan guru untuk mengendalikan diri sangat diperlukan. Namun demikian, mengendalikan diri dan emosi tidaklah semudah yang dibayangkan. Walaupun kita sudah berusaha semaksimal mungkin uuntuk dapat menyelesaikan satu kesulitan, namun segera setelah itu datang lagi berpuluh-puluh kesulitan yang lain.

Untuk bisa menjadi pribadi yang kuat dan menggapai ketenangan jiwa, banyak orang yang mencapainya dengan cara-cara yang tidak Islami, sehingga bukan ketenangan jiwa yang didapatkan tetapi malah membawa kesemrawutan dalam jiwanya itu.

Untuk itu, Al-Qur’an menyebutkan beberapa kiat praktis untuk menggapai ketenangan jiwa, diantaranya:

  1. Berzikir
  2. Allah Pasti Menolong Kita
  3. Memperhatikan Bukti Kekuasaan Allah
  4. Bersyukur
  5. Tilawah Tasmi dan Tadabbur Al-Qur’an

Kelebihan dari buku ini :

  • Terdapat ayat Al-Qur’an dan Hadis sebagai penguat dalam pembahasan membuat pembaca merasa sangat yakin saat membaca setiap pembahasan yang ada dalam buku ini.
  • Buku ini memiliki sampul bagus, menarik, yang dapat membuat pembaca menjadi penasaran untuk membelinya dan membacanya.

 

Buku ini cocok dibaca untuk kalangan masyarakat umum, Guru, Calon Guru dan mahasiswa, namun lebih cocok untuk calon guru dan guru. Karena buku ini menceritakan tentang berbagai motivasi bagi seorang guru untuk selalu sabar, tulus, ikhlas dan tabah dalam menjalankan tugas mulianya yaitu sebagai seorang Guru.