Resensi Buku “Demokrasi Kita”

RESENSI BUKU

Identitas Buku

 

Judul buku      : Demokrasi Kita (Pikiran-Pikiran Tentang Demokrasi Dan Kedaulatan Rakyat)

Penulis            : Mohammad Hatta

Penerbit          : Sega Arsy

Tahun terbit     : 2009

Teba                : 164 Halaman

 

Resensi Buku

Mohammad Hatta adalah peletak dasar demokrasi Indonesia dalam arti yang sesungguhnya. Dalam mengembangkan pemikiran demokrasi itu, Mohammad Hatta tidak terjebak pada pola pengembangan pemikiran demokrasi barat sebagaimana kerap menjadi dasar pemikiran tokoh Indonesia yang lain. Seperti akan terlihat, konsep Hatta tentang demokrasi kerap kali mengalami benturan dengan konsep-konsep demokrasi yang ditawarkan oleh tokoh-tokoh Indonesia yang lain terutama berbenturan dengan pemikiran demokrasi soekarno.

Namun diluar semua pemikirannya, Hatta merupakan kampium demokrasi yang paling  konsisten dengan gagasan dan pemikirannya. Konsistensi Hatta itu terbukti ketika ia harus megundurkan diri dari jabatan sebagai wakil presiden demi menghindari logika demokrasi terpimpin yang diberlakukan oleh Soekarno. Kedemokrasian adalah keyakinan dan keadilan segenap bangsa Indonesia.

Indonesia, bukan keyakinan impor yang lain, tetapi merupakan keyakinan Indonesia sejati. Keyakinan ini mesti menjadi semboyan segala partai-partai di Indonesia, dan mesti menjadi dasar susunan Indonesia merdeka di masa yang akan datang. Dasar-dasar Demokrasi yang terdapat dalam pergaulan hidup asli di Indonesia kita pakai sebagai sendi politik kita.

Secara sederhana, pemikiran Mohammad Hatta tentang Demokrasi adalah bahwa sebagai bangsa yang merdeka, Indonesia harus mengisi pengertian semboyan Demokrasi yang semula kosong menjadi berisi berbagaimacam karakteristik dan watak asli bangsa ini. Indonesia tidak boleh begitu saja menerima secara langsung apa-apa yang disebut dengan Demokrasi gaya barat seperti Demokrasi Liberal dan Demokrasi Sosialis. Indonesia harus menentukan sendiri format baru yang baik bagi kemajuan bangsa di kemudian hari. Sehingga Mohammad Hatta lebih senang menyebutnya dengan “Demokrasi Kita”. Tentu hal ini merupakan pembelajaran bagi kita sebagai mahasiswa ilmu politik untuk menentukan kembali dan menggali sejarah perkembangan Demokrasi Asli Made In Indonesia. Tidak semata-mata terpengaruh dengan hegemoni ilmu pengetahuan yang condong terhadap Demokrasi Barat.

 

Kelebihan Buku

Melalui buku ini, Mohammad Hatta mengisyaratkan bahwa sebagai sebuah bangsa yang merdeka dan mandiri, Demokrasi Kita ini harus selalu disesuaikan dengan perkembangan zaman dan waktu sehingga terciptanya masyarakat Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera.

 

Oleh Hendra Rusmana