Tak ada sekolah tuk jadi orang tua

Buku identitas

Judul : Tak ada sekolah tuk jadi orang tua

Pengarang : Anastasia Satriyo, M.Psi., Psi.

Penerbit : Yrama Widya

ISBN : 978-623-205-364-9

Tebal halaman : 173

Buku Resensi

Kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya memproses emosi dan pengalaman anak untuk #KesehatanMental di masa dewasa semakin tinggi. Tidak ada sekolah untuk jadi orang tua, tapi, kita selalu bisa menjadi orang tua dan menjadi manusia yang semakin baik, sehat emosi, dan sehat mental dari hari ke hari. Oleh sebab itu “penting untuk memiliki Growth Mindset sebagai orang tua” punya anak itu harus persiapan Mindset juga, bahwa kita akan mengurusi dan investasi emosi, perhatian, dan pengasuhan sampai 20-an tahun, merunjuk pada perkembangan otak. Secara psikologis, anak akan mengikuti sikap apapun yang dilihatnya dalam lingkungan keseharain termasuk dari orang tua, walau sejatinya anak tidak memilliki penilaian tertentu terhadap apa yang dilihat. 7 hal yang anak perlu dengar dari orang tua:

1. Mama atau papa sayang kamu

2. Mama atau papa bangga sama kamu

3. Maafin mama atau papa, ya

4. Mama atau papa maafin kamu

5. Mama atau papa dengerin kamu ko

6. Ini tanggung jawab kamu, loh

7. Kamu punya kok (kemampuan) yang kamu butuhkan

Kelebihan Buku

Penulis mampu membawakan inti dari buku ini dengan Bahasa yang tidak sulit untuk dipahami dan ditambah juga dengan adanya berbagai ilustrasi.

Kekurangan buku

Jika pembaca adalah calon orang tua baru, maka buku ini akan tampak bermanfaat dan membantu. Tapi untuk orang tua yang sudah lebih senior, sepertinya buku ini lebih terkesan kebanyakan teori yang rumit untuk di praktekan.

Oleh : Bella Iqronegoro SudirmanTak ada sekolah tuk jadi orang tua