SELF HEALING WITH QURAN

RESENSI BUKU SELF HEALING WITH QURAN

Jangan Galau! Kau Tidak Butuh Liburan, Tetapi Baca Qur’an

  1. Identitas Buku

Judul                :  SELF HEALING WITH QURAN Jangan Galau! Kau Tidak Butuh Liburan, Tetapi Baca Qur’an

Penulis             :  Ummu Kalsum Iqt

Editor              :  Esti Utami, S.Pd

Penerbit          :  Syalmahat Publishing

Cetakan           :  Ketiga, 2022

ISBN                 :  978-623-5269-01-6

Tebal Halaman:  186 halaman , 14 x 20 cm

Harga Buku     :  Rp. 137.000

  1. Tentang Penulis :

Ummu Kalsum Iqt. 28 tahun. Pernah menempuh pendidikan di bangku SDN 89 Salobulo (1999-2005), SMP N 7 Palopo (2005-2008), SMA N 1 Palopo (2008-2011) dan IAIN Palopo, Fakultas Ushuluddin,Adab Dan Dakwah, Jurusan Ushuluddin. Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (2011-2015).

  1. Sinopsis Buku

Betapa banyak dari kita yang mencari ketenangan selain pada Allah dan Al-Quran. Kita berlomba menumpahkan rasa galau pada manusia. Haus akan perhatian orang-orang, hingga caper di dunia nyata atau dunia maya. Menjadikan harta, tahta dan cinta sebagai tolak ukur bahagia.

Saat ayat-Nya dilantunkan, kita terperanjat karena seolah-olah baru pertama kali mendengarkan. Scrolling medsos dan online shop terasa mampu mengusir kegalauan, daripada menjelajah lembaran Kalam yang mulia.  Al-Quran semakin asing, maka wajarlah jika kejahatan makin merajai, kegalauan semakin bertebaran di muka bumi.  Berbondong-bondong memasuki rumah terapi, rumah sakit jiwa, berlibur untuk menyegarkan pikiran, dan lain sebagainya. Nyatanya, ketenangan jiwa kita ada dalam Al-Quran.

“Wahai manusia! Sungguh telah datang kepadamu pelajaran (Al-Quran) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Yunus : 57)

Pesan penulis : “Jangan galau ! Kau butuh membaca Al-Quran, bukan liburan. Lidahmu kurang melantunkan Al-Quran, bukan kurang kasih sayang.  Hatimu kurang mendekat pada Al-Quran, bukan pada kemewahan”

 

Dalam buku ini penulis mengajak pembaca untuk self healing bersama Al-Quran.  Menguatkan jiwa melalui kisah-kisah inspiratif, membasuh luka dengan firman-Nya, serta meng-charge iman bersama kalimat motivasi.

Ada lima poin penting dari buku ini, yang dapat menguatkan jiwa yang lemah, yang sedang galau dan membutuhkan perhatian atau pengobatan, yaitu:

  1. Laa Tahzan (jangan bersedih)
  2. Laa Tabkii (jangan menangis)
  3. Laa Takhof (jangan takut)
  4. Laa Taghdob (jangan marah)
  5. Laa Taias (jangan berputus asa)

 

  1. Kelebihan dan Kelemahan Buku
  • Kelebihan Buku : Menginspirasi pembaca agar senantiasa yakin akan pertolongan Allah, tidak galau dan tidak berputus asa. Mengulas bab per bab dalam buku ini dengan sangat baik, banyak memberi contoh keteladanan dari para sahabat Nabi dan juga contoh dari kehidupan sehari-hari.

Kekurangan Buku :

  • Tidak mencantumkan teks atau tulisan Al-Quran dalam huruf Arab, penulis hanya mencantumkan nomor, nama surat Al-Quran dan terjemahnya saja.