HIDUP APA ADANYA

RESENSI BUKU

HIDUP APA ADANYA

I Decided to Live As MySelf

Identitas buku

  1. Judul : Hidup Apa Adanya
  2. Pengarang : Kim Suhyun
  3. Penerbit : Transmedia Pustaka
  4. Cetakan : Pertama, 2020
  5. ISBN : (13) 978-623-7100-29-4
  6. Tebal halaman : 296 halaman
  7. Harga buku : Rp 99.000

 

Biografi Penulis

Kim Soo-hyun (lahir Kim Soon-ok pada tanggal 27 januari 1943) adalah korea Selatan penulis skenario dan novelis. Buku I Decided to Live as Myself atau dalam Bahasa Indonesia berjudul Hidup Apa Adanya ditulis oleh Kim Suhyun, penulis asal Korea Selatan. Buku Hidup Apa Adanya menjadi karya keempat yang ditulis oleh Kim Suhyun. Buku karya Kim Suhyun ini adalah buku pengembangan diri yang menyajikan puluhan daftar hal-hal yang harus anda lakukan supaya hidup anda menjadi lebih baik.

Resensi buku

Buku Hidup Apa Adanya diketahui berasal dari hasil pemikiran dan refleksi Kim Suhyun atas kehidupannya sendiri. Kim Suhyun menganggap buku ini sebagai sebuah motivasi yang dirangkum dalam narasi. Buku Hidup Apa Adanya telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Buku ini diterbitkan ke dalam Bahasa Indonesia pada bulan Februari 2020 oleh penerbit Transmedia Pustaka.

Buku ini memang sangat populer dalam skala internasional, karena buku Hidup Apa Adanya sering disebut-sebut menjadi salah satu buku yang suka dibaca oleh idol kecintaan banyak orang, Jungkook BTS. Di Korea Selatan, buku ini sudah dicetak ulang sebanyak 200 kali dan penjualannya mencapai lebih dari 800.000 eksemplar di Korea Selatan. Angka penjualan ini membuat buku ini menjadi buku best seller nomor 1 di Korea Selatan. Selain itu, buku Hidup Apa Adanya juga telah terjual lebih dari 700.000 eksemplar di Jepang.

Selain di Korea Selatan, Jepang, dan Indonesia, buku Hidup Apa Adanya juga sudah diterbitkan di Tiongkok, Vietnam, Taiwan, dan Thailand. Buku Hidup Apa Adanya ini juga mendapatkan penghargaan dalam kategori e-book terbaik di Korea Selatan. Anda akan menemukan banyak esai yang berisi pengalaman, refleksi diri, sampai banyak penjelasan tentang kehidupan yang dikutip dari para pakar dalam buku ini. Buku Hidup Apa Adanya akan menjadi teman yang menghadirkan kenyamanan dan menenangkan hati para pembacanya.

“Aku harus bisa masuk ke Universitas A, karena teman-temanku juga ingin masuk ke universitas itu.”

“Aku harus bisa diterima di perusahaan B, karena teman-teman akan menganggapku sebagai seorang yang sukses jika berhasil masuk ke sana.”

“Aku ingin mengubah penampilanku seperti dia supaya dikagumi banyak lelaki.”

“Aku ingin membeli barang yang mereknya bagus, supaya orang-orang menilaiku sebagai orang berada.”

Lelah ya jika harus hidup mengikuti berbagai pendapat atau penilaian orang lain. Standar hidup seperti tidak ada ujungnya, hidup kita juga tidak akan memuaskan penilaian mereka semua. Buku Hidup Apa Adanya akan membuka pikiran kita, bahwa apa pun pendapat dan penilaian orang lain tak akan memberikan pengaruh besar pada kehidupan kita. Terutama, pendapat orang lain tidak memengaruhi kebahagiaan anda.

Kelebihan buku :

Buku ini adalah buku yang cocok dibaca jika anda ingin mengenal dirimu sendiri. Buku ini dapat memandu anda untuk belajar mencintai dirimu sendiri dan lebih teguh terhadap pendirian diri dibandingkan mengikuti pendapat orang lain. Ini adalah buku yang tepat untuk menemani anda yang ingin hidup sebagai diri sendiri secara apa adanya.

Buku ini juga tentunya memberikan sebuah pengetahuan baru, seperti informasi mengenai keadaan masyarakat di Korea Selatan, dan lain sebagainya. Hal-hal seperti ini dapat menambah wawasan pembaca. Selain itu, buku pengembangan diri ini dilengkapi dengan ilustrasi yang lucu dan menarik. Ini menjadi nilai tambah, di mana ilustrasi tersebut membuat buku ini menjadi lebih menyenangkan.

Kekurangan buku :

Karena buku ini merupakan buku pengembangan diri, mungkin ada beberapa istilah yang cukup sulit untuk diterjemahkan. Pembaca menemukan masih ada beberapa kalimat yang membingungkan dan cukup sulit untuk dimengerti.

Oleh : Khoirunnisaa Anggraeni