Wahai Muslimah . . . Janganlah Menyerah!

 

 

Wahai Muslimah . . .  Janganlah Menyerah!

 

Identitas buku

  1. Judul           : Wahai Muslimah . . . Janganlah Menyerah!
  2. Pengarang    : Rochma Yulika
  3. Penerbit                : Pro-U Media
  4. Cetakan                : ke – 1, 2015
  5. ISBN                   : 9786027820326
  6. Tebal halaman    : 208 halaman

 

Resensi Buku

Dalam kehidupan ini semua umat manusia tidak luput dari ujian yang diberikan oleh Alloh SWT untuk mengukur kadar keimanan seseorang dan sekaligus untuk meningkatkan derajat di sisi Alloh SWT bagi umat yang lulus dari ujian yang diberikan. Seorang hamba yang ikhlas menerima ujian yang diberikan maka Alloh SWT akan memberikan ganjaran pahala. Alloh SWT menciptakan langit dan bumi beserta isinya tak lain untuk memenuhi kebutuhan umat manusia dan mahkluk hidup lainnya dimuka bumi ini. Manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna. Karena manusia diciptakan dengan dilengkapi akal pikiran untuk berpikir dan diharapkan mampu mengelola bumi beserta isinya dengan bijak, tanpa melakukan kerusakan sedikitpun dimuka bumi.

 

Buku ini mengulas rupa-rupa problematika wanita muslimah, baik yang muda maupun yang tua, urusan pribadi maupun rumah tangga. Setiap muslimah diharapkan dapat menyiapkan diri agar mampu menjalani ujian yang dihadapi selama hidupnya. Menjadi pribadi yang beriman dan senantiasa memperbaiki diri juga menerima takdir dengan ikhlas dan penuh ridha. Yakin bahwa setiap yang dialami akan memiliki pelajaran berharga dan rahasia terindah yang akan didapatkan cepat atau lambat. Tak ada sesuatu yang sia-sia, sebagaimana Allah SWT tegaskan “Tuhan kami, tidaklah Engkau ciptakan ini sia-sia”. (Q.S Ali ‘Imran : 191).

 

Setiap muslimah diharapkan tidak menganggap remeh setiap masalah. Meski Allah yang menguji dan memberikan solusi, kita sebagai seorang mukmin diharapkan untuk tetap berusaha, ikhtiar, disertai doa untuk menggapai impian atau setiap kali dalam penyelesaian masalah yang dihadapi. Kita sepatutnya bersyukur dikala mendapatkan nikmat, dan tidak mengeluh disaat mendapatkan ujian. Kita juga diharapkan tidak menunda-nunda pekerjaan untuk dikerjakan esok hari, karena umur kita hanya Allah yang maha mengetahui. Semoga kita bisa terus berusaha memperbaiki diri. Oleh karenanya waktu yang Allah berikan kepada manusia di dunia sepatutnya digunakan untuk terus introspeksi dan mengoreksi segala perilaku dan pikiran, sehingga mendorong kita untuk terus berbuat baik yang bernilai ibadah dan untuk selalu berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya.

 

 

Kelebihan buku :

Buku dengan judul “Wahai Muslimah . . . Janganlah Menyerah!” ini berisi tentang kisah-kisah masa lalu maupun masa kini yang bisa kita ambil hibrahnya untuk menghadapi masalah sehari-hari, sehingga kita dapat bercermin, terinspirasi, dan terus berbenah memperbaiki diri. Buku ini penulis hadirkan untuk menyadarkan setiap muslimah atas berbagai kemungkinan masalah, kerapuhan diri, gundah, dan gelisah, sekaligus belajar bersama mengais serakan hikmah. Diharapkan setiap muslimah khususnya dan orang mukmin umumnya tidak menyerah atas ujian yang diberikan Allah SWT, terus berusaha, ikhtiar, berdoa untuk menggapai ridhonya Allah SWT.

 

Kekurangan buku :

Buku dengan judul “Wahai Muslimah . . . Janganlah Menyerah!” ini di dalamnya terdapat bagian yang menampilkan cerita secara sepotong-sepotong sehingga terkesan antara cerita yang satu dengan cerita yang lain kurang menyambung isi ceritanya, karena cerita yang dituliskan hanya sepotong-sepotong.

 

 

Oleh : Nur Roqimah