JIKA ADAB HILANG DARI KEHIDUPAN KITA

Identitas buku

  1. Judul           : JIKA ADAB HILANG DARI KEHIDUPAN KITA
  2. Penerbit                : Syalmahat
  3. Cetakan                : ke – 1, 2022
  4. ISBN                   : 9786239767259
  5. Tebal halaman    : 172 halaman

 

Resensi Buku

Adab adalah cerminan hati. Ia adalah pantulan dari akhlak dan bisa menajdi perilaku atau budi pekerti. Jika hati kita baik, maka perilaku kita juga baik. Dalam diri kita terdapat segumpal darah, jika ia baik maka baik pula kita. Sebaliknya jika ia buruk maka buruk pula kita, ia adalah hati. Dan hati adalah tempatnya akhlak. Akhlak memantulkan adab. Alangkah indahnya hidup penuh dengan adab. Semua berjalan sesuai dengan tempatnya masing-masing. Tidak ada pelanggaran, juga tidak ada yang dilanggar, semua baik-baik saja. Kita tetap berharab bahkan terus berdoa semoga kita diberikan adab yang baik sampai kapanpun.

 

Dalam buku ini juga mengingatkan kita untuk hidup zuhud yaitu hidup hanya untuk kepentingan kepada Allah SWT. Dalam hidup sangat penting memiliki Qalbun Salim (hati yang damai). Dalam hidup sangat penting untuk memiliki hati yang ikhlas, sabar, dan rida. Ikhlas dalam segala hal atas ujian hidup yang dialami, sabar dalam menjalani setiap ujian, dan berusaha untuk rida atas ketentuan yang telah Allah tetapkan. Karena dalam kehidupan ini semua umat manusia tidak luput dari ujian yang diberikan oleh Alloh SWT untuk mengukur kadar keimanan seseorang dan sekaligus untuk meningkatkan derajat di sisi Alloh SWT bagi umat yang lulus dari ujian yang diberikan. Seorang hamba yang ikhlas menerima ujian yang diberikan maka Alloh SWT akan memberikan ganjaran pahala.

 

Setiap umat manusia diharapkan bersikap sabar, ikhlas, dan rida dalam menghadapi setiap masalah. Kita sebagai seorang mukmin diharapkan untuk terus berusaha, ikhtiar, disertai doa untuk menggapai impian atau setiap kali dalam penyelesaian masalah yang dihadapi. Kita sepatutnya bersyukur dikala mendapatkan nikmat, dan tidak mengeluh disaat mendapatkan ujian. Semoga kita bisa terus berusaha memperbaiki diri. Oleh karenanya waktu yang Allah berikan kepada manusia di dunia sepatutnya digunakan untuk terus introspeksi dan mengoreksi segala perilaku dan pikiran, sehingga mendorong kita untuk terus berbuat baik yang bernilai ibadah dan untuk selalu berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya.

 

Kelebihan buku :

Buku dengan judul “JIKA ADAB HILANG DARI KEHIDUPAN KITA” ini berisi tentang kisah-kisah masa lalu yaitu pada zaman Nabi maupun masa kini yang bisa kita ambil hibrahnya untuk menghadapi masalah sehari-hari, sehingga kita dapat bercermin, terinspirasi, dan terus berbenah memperbaiki diri. Buku ini penulis hadirkan untuk menyadarkan setiap umat manusia atas berbagai kemungkinan disaat manusia menghadapi masalah, gelisah, sekaligus belajar bersama untuk mencapai hikmah. Diharapkan setiap mukmin tidak menyerah atas ujian yang diberikan Allah SWT, menyelesaikan setiap masalah dengan adab yaitu dengan terus berusaha, ikhtiar, berdoa dalam menghadapi setiap masalah atau ujian dengan hati yang sabar, ikhlas, dengan tujuan untuk menggapai ridhonya Allah SWT.

 

Kekurangan buku :

Buku dengan judul “JIKA ADAB HILANG DARI KEHIDUPAN KITA” ini di dalamnya terdapat bagian kalimat yang dituliskan berulang, terkesan ada kalimat yang double, yang dimungkinan saat pengeditan barangkali kelewat tidak dihapus.

 

 

Oleh : Nur Roqimah