Demokrasi dan Moral Politik

Penerbit                     : Rhepinisi Press

Pengarang                 : Ahmad Sahide

ISBN                           : 978-602-6941-31-2

Ukuran                       : 14 x 20,5

Jumlah Halaman       : 156 Halaman

Tahun Terbit              : 2018

Demokrasi dan Moral Politik karya Ahmad Sahide ini berisi tentang perjalanan politik Indonesia. Buku ini juga berisi tentang isu-isu politik yang terjadi pada tahun 2011 – 2013 yang terdapat pada esai tahun 2022 dan juga esai 2013. Semua kalangan sangat direkomendasikan untuk membaca buku ini khususnya kepada mereka yang tertarik dengan perjalanan politik di Indonesia.

Demokrasi membolehkan rakyatnya untuk berpartisipasi ataupun tidak membatasi suara dan kebebasan rakyat, namun demokrasi membatasi para pemerintah untuk tidak bersikap sewenang – sewenang. Indonesia memegang prinsip demokrasi pancasila yang seharusnya nilai nilai Pancasila tersebut diterapkan dakam praktik demokrasi dan dilandasi oleh hukum.

Pada halalaman 76 terdapat 3 hal pembangunan pembangun etika menurut Prof.Dr.Mohammad Mahfud MD yaitu : Pertama morma norma akademik, lembaga menjadikan harus memegang norma akademik yang  baik dalam proses penyelenggaraan pendidikan agar tidak keluar dari kode etik. Yang kedua adalah tradisi akademik, pendidikan kita harus membangun kegiataan seminar, diskusi dan menulis. Yang ketiga yaitu perlu dibangunnya kegiatan penunjang yang bertujuan untuk merawat profesional dan etika.

Bahasa buku ini yang digunakan sangat padat dan jelas ini mempermudah para pembaca untuk memahami isinya, meskipun ada beberapa kalimay yang cuku sulit untuk dipahami. Buku ini bayak pesan-pesan yan memotivasi serta pesan yang disampaikan sangat jelas. Cover buku sangat kontras  dalam isi buku yang membahas pemerintahan.

Pendalaman buku mengenai isu-isu politik yang terjadi dan bahkan masih terjadi hingga saat ini salah satunya korupi. Setiap sub bab memiliki pesan dan maknanya tersendiri. Demokrasi dan moral politik harus saling berkaitan , dalam sebuah sistem pemerintahan agar sistem pemerintahan Indonesia dapat berjalan dengan baik.

Oleh : Hendra Rusmana