Shahih Fadhailul Qur’an

RESENSI BUKU

OLEH: CICI RAHERANI

  1. Identitas Buku

Judul Buku                  : Shahih Fadhailul Qur’an

Pengarang                  : Abdullah Abdurrahman

Penerbit                     : Pustaka Imam Syafii

Cetakan ke                : Pertama

Tahun Terbit             : 2022

Tebal Buku               : 264 halaman

ISBN                           : 9786026360915

Harga                         : Rp. 60.000

 

  1. Isi Buku

Alqur’an merupakan merupakan kitab suci umat Islam yang berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia dalam mengarahkan kehidupannya. Al-Qur’an juga mengandung ajaran tentang aqidah, syariah, dan akhlak. Oleh karena itu, kita sebagai umat muslim perlu mempelajari Alqur-an karena ada aspek pendidikan bagi umat dalam mengamalkan kitab sucinya. Dengan mempelajari, memahami dan membaca Alqur’an, kita akan mendapatkan banyak keutamaan.

Dalam buku ini, hanya dibagi menjadi dua bab pembahasan saja yakni pada bab pertama tercantum secara lengkap mengenai keutamaan memahami, mempelajari, membaca dan mengajarkan Alqur’an. Penjelasan pada bab pertama dimulai dari hal paling sederhana mengenai keutamaan mempelajari Alquran sampai pada akhir bab satu membahas mengenai keutamaan Alquran mengobati berbagai macam penyakit.

Pada bab kedua, pembaca diajak untuk mengetahui keutamaan surah dan ayat dalam Al-Qur’an. Dari mulai surah yang sangat sering kita baca dal bacaan sholat yakni surah Al Fatihah sampai dengan keutamaan Al Mu’awwidzatain (surah Al Falaq, An-Nas dan Al-Ikhlas). Ada 37 sub bagian keutamaan yang dijelaskan dalam buku ini dan setiap keutamaan memiliki penjelasan masing-masing dengan riwayat hadist yang kuat.

 

  1. Keunggulan Buku
  • Buku ini hanya mencantumkan hadist shahih dan kuat yang menurut penialian para ulama ahli hadist Rahimahullah sehingga pembaca mendapatkan informasi yang jelas dan benar (tidak keliru/simpang siur). Selain itu, pada buku juga dilengkapi dengan catatan kaki yang berisi sumber literatur yang dibahas dalam buku tersebut seperti hadist, kitab dan lain.
  • Sistematika penulisannya tersusun dengan baik dan rapih sehingga memudahkan pembaca dalam membaca buku ini.
  1. Kelemahan Buku
  • Untuk pembaca dalam tahap pemula, sepertinya buku ini dalam kategori tebal dan memerlukan waktu lebih banyak untuk membaca dan memahami setiap keutamaan yang dijelaskan dalam buku.