Rahasia Bersikap Tenang dalam Kondisi Apa pun (Situasi Apa pun Dapat Kita Taklukkan)

 

RESENSI BUKU

  OLEH :

 DWI HANDAYANI, S.Pd.

 

 

RESENSI BUKU

 

IDENTITAS BUKU

 

Judul Buku                    : Rahasia Bersikap Tenang dalam Kondisi Apa pun (Situasi Apa pun Dapat Kita Taklukkan)

Penulis                           :  Sabrina Ara

Editor                              :  Feresa Ray

Desain Cover               :  Syalmahat Studio

Lay out                           :  Syalmahat Studio

Tahun Terbit                :  Cetakan ke-XI, 2023

Genre                             :  Self improvement

Jumlah Halaman         :  122 halaman

ISBN                                :  978-623-9137-85-4

Ukuran Buku                :  14 x 20 cm

Berat                               :  130 gram

Penerbit                        :  Syalmahat Publishing

Harga Buku                   :  Rp. 31.100 (Harga Pulau Jawa)

 

SINOPSIS BUKU

 

Buku yang ditulis oleh Sabrina Ara ini mengupas tuntas mengenai rahasia bagaimana kita bisa bersikap tenang dalam segala situasi dan kondisi. Buku ini termasuk dalam self improvement yang membahas tentang bagaimana sikap manusia dalam menghadapi suatu masalah. Karena hidup sejatinya hanya menyelesaikan masalah demi masalah. Tidak ada manusia tanpa masalah selama ia masih bernapas. Masalah hadir sebagai ujian yang bisa membawa perubahan nasib, entah baik atau buruk, semua tergantung bagaimana kita menyikapi masalah tersebut.

Buku ini terdiri dari tujuh bab. Pada bab pertama, penulis mengajak pembaca untuk lebih mengenali diri sendiri, karena mengenali diri sendiri adalah fondasi utama dalam usaha mengembangkan diri. Tidak ada yang lebih baik memahami diri kita selain diri kita sendiri. Maka dengan mengenali diri kita sendiri, kita dapat bersikap tenang dalam situasi apa pun, bahkan di saat-saat buruk sekalipun.

Pada bab kedua, penulis mengajak para pembaca untuk menggali dan memperkuat potensi yang ada dalam diri. Potensi adalah pedang yang bisa menjadi senjata Ketika diasah, dan hanya jadi pajangan ketika tidak dipergunakan.

Bab ketiga dan keempat membahas mengenai bagaimana strategi dalam menghadapi masalah dan juga strategi pengendalian diri, sebab tak semua masalah bernilai negatif. Selalu ada sisi baik dari sebuah masalah. Barangkali masalah itu merupakan ujian untuk naik level kehidupan. Penulis mengajak pembaca untuk bisa berpegang erat tali kendali diri.

Pada Bab kelima, penulis membahas tentang bagaimana cara menyingkirkan pikiran negatif. Pikiran negatif tidak hanya berdampak pada seseorang yang memikirkan, tetapi juga orang lain, keluarga, masyarakat, ataupun negara.

Bab keenam, penulis mengajak pembaca untuk mengubah tekanan menjadi tantangan. Tekanan besar belum tentu berasal dari masalah besar. Tekanan tidak selalu buruk. Ia bisa menjadi cambuk yang membuat kita bergerak lebih cepat ke arah tujuan.

Pada bagian bab ketujuh atau bab terakhir, penulis menjelaskan bagaimana cara membuat keputusan yang bijak. Keputusan yang tepat dapat menentukan nasib kita hari ini dan masa depan. Yang terpenting dari membuat keputusan bukanlah alternatif pilihan, tetapi kesiapan kita menyikapi apa pun keputusan yang telah dibuat.

Mampu bersikap tenang memang tidk mudah dilakukan. Jangan pernah menyerah dalam memperjuangkan perubahan yang positif. Berbahagialah apabila sudah bisa mengendalikan diri sendiri dalam bersikap. Termasuk bersikap tenang dalam situasi apa pun.

 

 

KELEBIHAN BUKU

 

Buku ini sangat menarik dan isinya tidak membosankan karena disertai dengan contoh-contoh kasus yang ada di sekitar kita dan juga lembar kejujuran yang dapat membantu pembaca menggali masalah yang dihadapi.

Pemilihan bahasa pada buku yang termasuk ke dalam genre self improvement ini menggunakan Bahasa yang mudah dimengerti dan juga pemilihan font yang membuat mata pembaca nyaman saat membacanya.

 

 

KEKURANGAN BUKU

 

Cover buku ini kurang menarik, karena hanya ada tulisan saja tanpa desain gambar apa pun pada covernya.

 

 

 

Dwi Handayani