Your Lies

Judul                           : Your Lies

Penulis                          : Rara Rachel

Penyunting                 : Avifah Ve

Penyelaras akhir        : RA-in

Tata sampul                : Amalina Asrari

Penerbit                       : Diva Press

Terbit                            : 2018

ISBN                              : 978-602-391-517-0

 

R E S E N S I   N O V E L

Ringga Gemilang. Nama itu selalu menjadi prioritasku saat chatting, salah satu orang yang paling berharga dalam hidupku, yang menjadi partner-ku dalam hampir segala hal. Ringga dan otaknya tak pernah berhenti membuatku takjub. Aku tak yakin kalau ada sesuatu tentangku yang tidak Ringga tahu. Dia orang yang detail dan cermat, jadinya wajar kalau membaca gerakanku semudah membaca alur cerita Sir Arthur Conan Doyle, penulis favoritnya. Sampai di kemudian hari, satu kebohongan besar yang aku lakukan membuat Ringga menutup pintu maaf dan aku terpaksa memutuskan untuk meninggalkan Ringga beserta segala kenangan manis di antara kami sampai waktu yang sangat lama.

 

Novel Your Lies karya Rara Rachel menceritakan tentang persahabatan Atha dan Ringga yang awalnya manis dan penuh warna hingga mereka berdua menemukan konflik di tengah jalan. Ringga bukanlah orang yang akan memaafkan sebuah kebohongan dengan mudah, untuk itu Atha berjuang mati-matian supaya Ringga mau memaafkannya. Di samping itu, perasaan cinta Atha kepada Ringga semakin lama menjadi besar.

 

Baik dari sisi Ringga maupun Atha, kita bisa mengambil hikmah dari kehidupan mereka. Lewat Ringga, kita bisa merasakan idampak menjadi korban broken home. Butuh bertahun-tahun bagi Ringga untuk bisa memahami kondisi orangtuanya yang berpisah. Sakit hati terhadap ayahnya, walaupun sebenarnya dia sangat menyayangi ayahnya. Hal itu membentuknya menjadi pribadi yang introvert, keras dan juga sakit hati yang berlarut. Untungnya dia memiliki ibu yang sabar dan sahabat yang sangat pengertian seperti Atha.

 

Sedangkan dari sisi Atha, kita bisa menuangkan passion yang kita miliki. Passion Atha adalah menulis, dan dia menuangkannya melalui wattpad. Saat putus dengan mantannya pun tak perlu berlarut-larut, dia gunakan untuk menyelesaikan skripsi dan juga project menulis novelnya via wattpad. Sisi lain juga cukup unik, jago masak, Atha juga bijaksana dan sangat setia.

 

Pesan moral dari buku ini adalah jangan pernah sekali-kali berbohong. Karena satu kebohongan akan berlanjut ke kebohongan yang lain. Dan juga melukai hati yang dibohongi. Ingat, kepercayaan mahal harganya.

 

KELEBIHAN NOVEL

Dari segi premis mungkin bisa dibilang kisah ini sangat klise, dan sangat mudah ditebak. Namun dari segi alur, konstruksi cerita, dan beberapa dialog, novel ini terasa memuaskan. Karakter dalam novel ini juga begitu hidup.

 

KEKURANGAN NOVEL

Memang novel ini tak begitu detail dalam penggambaran setting, tapi suasananya yang diungkapkan secara ringkas cukup membuat perbedaan antara satu tempat kejadian dengan tempat kejadian lainnya. berharap penulis untuk ke depannya bisa lebih berani dalam hal riset dan menambahkan detail-detail untuk mempercantik ceritanya.