RESENSI BUKU DARI HATI KE HATI KITA DAN KELUARGA

RESENSI BUKU DARI HATI KE HATI KITA DAN KELUARGA

  1. Identitas Buku

Judul                :  DARI HATI KE HATI KITA DAN KELUARGA

Penulis             :  Ustadz Das’ad Latif, Ph.D

Editor              :  Kinanti

Penerbit          :  Qultum Media

Cetakan           :  Kesatu, 2020

ISBN                 :  978-979-017-447-4

Tebal Halaman:  250 halaman , 14 x 20 cm

Harga Buku     :  Rp. 69.000

  1. Tentang Penulis :

Ustadz Das’ad Latif Ph.D adalah dosen dan penceramah agama.  Saat ini beliau adalah dosen tetap dan peneliti di Universitas Hasanuddin Makasar.  Beliau menyelesaikan kuliah pada Fakultas Ilmu Komunikasi Spesifikasi Public Relations (Sarjana/S1). Ilmu Kumunikasi Massa Spesifikasi Public Relations (Magister/S2. Dan Doktor pada kajian Ilmu Komunikasi (Doktoral/S3 di Universitas Kebangsaan Malaysia dan Doktor Syariah Hukum Islam di UIN Alauddin Makasar.

  1. Sinopsis Buku

Buku ini merupakan kumpulan ceramah Ustadz Das’ad Latif di berbagai majlis ilmu.  Buku ini membahas tema aktual seputar kita dan keluarga. Buku ini berisi 23 tema, dimana tema yang satu dengan yang lainnya tidak saling berkaitan atau bersambung.  Tema-tema tersebut secara garis besar meliputi: Kewajiban orangtua kepada anak, kewajiban suami kepada istri begitu juga sebaliknya, ajakan berbuat amal soleh dan bersholawat kepada Nabi Muhammad.

 

Buku ini juga membahas tentang mengapa Alquran diturunkan, ajaibnya Isra’ Mi’raj, kiat shalat khusyuk, kunci segala masalah, golongan yang dibenci Allah, hal-hal yang terkait dengan ibadah shalat, serta tema tentang takwa dan wanita yang dirindukan surga.

Diantara isi tema buku ini adalah menjelaskan tentang misi Alquran diturunkan ke dunia ini, yaitu Pertama, membebaskan manusia dari kemusyrikan. Kedua, menyelamatkan manusia dari diskriminasi ras.  Ketiga, menyelamatkan manusia dari gaya hidup sekuler.  keempat, membebaskan manusia dari zaman kebodohan. Dan kelima, mengangkat harkat dan martabat wanita.

 

Dalam tema yang lain, juga dijelaskan Hadits Nabi Muhammad tentang empat golongan yang dibenci Allah, yaitu penjual yang suka bersumpah, orang fakir yang sombong, orang tua renta yang masih suka berzina dan pemimpin yang durjana (H.R. An Nasa’i)

 

Dalam tema yang lain dijelaskan juga tentang kewajiban orang tua kepada anaknya yaitu memberikan nama yang baik, memberikan makanan yang halal dan baik, dan mendidik anak-anaknya agar mengamalkan ajaran agama Islam dengan benar.

 

Dalam tema yang lain, juga dijelaskan tentang kewajiban istri kepada suami, yaitu mempunyai sifat ramah, berpenampilan menarik, pandai memasak masakan kesukaan suaminya, besifat cerdas, dan hemat.  Sedangkan kewajiban suami kepada istrinya yaitu mendidik dengan pendidikan agama, mencari nafkah dan menghidupi keluarganya, membantu istri dalam urusan rumah tangga, dan memberikan nafkah batin.

 

Dalam tema yang lain, juga dijelaskan analan yang mendekatkan kita kepada Allah yaitu selalu memiliki wudu, bertawakal atau berserah diri kepada Allah, bercermin sebelum keluar rumah, senantiasa berzikir kepada Allah, membiasakan shalat Duha, serta istiqomah dalam membaca Alquran.

 

  1. Kelebihan dan Kelemahan Buku
  • Kelebihan Buku : Menginspirasi pembaca agar senantiasa memperhatikan keluarganya, terutama dalam hal kewajiban orangtua kepada anak, kewajiban suami kepada istri dan kewajiban istri kepada suami. Serta mendorong pembaca untuk selalu giat mengikuti kajian atau ceramah agama agar selalu terinspirasi selalu berbuat kebaikan atau maslahat untuk orang banyak.

Kekurangan Buku :

  • Tidak mencantumkan teks atau tulisan Al-Quran dalam huruf Arab, penulis hanya mencantumkan nomor, nama surat Al-Quran dan terjemahnya saja.