Sayyidah Aisyah Istri Rasulullah

Sayyidah Aisyah Istri Rasulullah

  Identitas buku

  1. Judul           : Sayyidah Aisyah Istri Rasulullah
  2. Penerbit                : Pustaka Arafah
  3. Cetakan                : ke – 1, April 2020
  4. ISBN                   : 9786026337535
  5. Tebal halaman    : 204 halaman

 

Resensi Buku

Sayyidah Aisyah adalah salah satu Ummahatul Mukminin, ibunda semua orang yang beriman. Dia adalah putri dari Abu Bakr Ash-Shiddiq dan Ummu Ruman. Abu Bakr Ash-Shiddiq adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad saw. Beliau adalah lelaki yang paling dicintai dan paling kuat bertahta dalam hati Rasulullah saw, sekaligus menjadi khalifah yang menggantikan beliau, menjadi orang yang Allah teguhkan untuk memimpin umat, sang penghancur kaum murtad, dan sang pembinasa orang-orang yang tidak mau membayar zakat.

 

Sayyidah Aisyah Wanita yang paling dicintai Rasulullah saw dan satu-satunya Wanita yang beliau nikahi dalam keadaan gadis. Sayyidah Aisyah dinikahi  oleh Rasulullah ketika masih berusia tujuh tahun, namun Sayyidah Aisyah setelah menikah masih tinggal bersama orangtuanya selama dua tahun, dan disaat berusia sembilan tahun Sayyidah Aisyah baru tinggal bersama Nabi Muhammadd saw. Dialah Wanita yang suci, mensucikan dirinya dibersihkan dari dosa dari atas tujuh lapis langit, guru paling paham agama, sabar, senantiasa mengharapkan pahala, zuhud, bertakwa, serta memenuhi alam raya ini dengan ilmu, kepahaman dien, dan sikap wara’.

 

Buku ini memaparkan kehidupan Aisyah mulai kelahirannya, pertumbuhannya, pernikahannya dengan Rasulullah saw, serta bantahan syubhat dusta orang yang dengki dan dendam terhadap islam seputar pernikahan Rasulullah dengan sang gadis berusia sembilan tahun saat itu. Di samping itu dipaparkan pula keutamaan-keutamaan Aisyah, banyaknya ilmu dan kecerdasannya, kedermawanannya, kezuhudannya, rasa takutnya kepada Allah SWT, ibadah dan kesungguhannya, nasihat dan petuahnya, kefasihannya, rasa malunya, serta indahnya berbagi momen kebersamaan Rasul dengannya.

 

 

Kelebihan buku :

Buku ini memiliki kelebihan yaitu dicetak dengan kertas HVS dengan tulisan yang jelas, original (asli), kalimatnya mudah dipahami.

 

Buku dengan judul “Sayyidah Aisyah Istri Rasulullah” ini memiliki kelebihan yang bisa kita ambil hibrahnya sebagai pembelajaran bahwa dalam menjalani kehidupan yang hanya sebentar ini marilah bersikap netral, objektif, mempersaksikan kebenaran, senantiasa mengatakan yang benar, sehingga kita mendapatkan bagian kebaikan di dunia dan di akhirat, karena dusta adalah  kebinasaan. Hendaknya kita menghindari perkataan dusta dan persaksian palsu.

 

Dalam menghadapi masalah pada kehidupan sehari-hari kita perlu kejujuran, kesabaran, dan keteguhan hati saat diterpa musibah, keyakinan yang kokoh kepada Alloh SWT, terus berbaik sangka kepada Alla SWT, menunggu pertolongan-Nya dengan tetap melalukan ikhtiar semaksimal mungkin, meyakini dan mempercayai pertolongan-Nya yang akan Allah berikan kepada orang-orang yang dizhalimi. Tidak mengeluh dan terus berserah diri kepada Allah Ta’ala pada hukum dan ketetapan-Nya, karena putusan Allah SWT itu baik dan semua putusan pasti memiliki hikmah bahkan banyak hikmah yang agung, yang diketahui oleh orang yang pandai dan tidak diketahui oleh orang yang bodoh.

 

Kekurangan buku :

Buku dengan judul “Sayyidah Aisyah Istri Rasulullah” ini di dalamnya terdapat bagian kalimat yang dituliskan berulang. Terdapat beberapa kalimat yang sama tertulis secara berulang-ulang dibagian depan, tengah dan belakang dari buku tersebut.

 

 

Oleh : Nur Roqimah