Misteri Meletusnya Perut Antika

RESENSI BUKU

  1. Identitas buku

 

  1. Judul : Misteri Meletusnya Perut Antika
  2. Pengarang : Ayuni Trisnawati
  3. Cetakan ke-1 : September 2023
  4. Penerbit : WT.Publishing
  5. Tebal : 231 halaman

 

  1. Sinopsis Buku

Antika Randu seorang perempuan yang meninggal secara tidak wajar. Sebelumnya perut Antika perlahan membesar seperti orang yang sedang hamil tua. Padahal saat diperiksa, tidak ada janin yang ditemukan. Tak disangka, perutnya justru kian membesar dan akhirnya meletus sehingga menyebabkan ia tewas seketika. Darsinah ibu kandung Antika, menyaksikan kejadian itu dengan mata kepalanya sendiri. Ia akhirnya bertekad untuk mencari tahu siapa yang menjadi dalang di balik kematian putri sulungnya.

Sebelum ia berhasil, teror mengerikan dan mencekam mulai menimpa anggota keluarganya yang lain. Satu persatu keluarganya menerima teror yang mencekam hingga ada yang harus kehilangan nyawanya. Kejadian-kejadian yang terjadi dibalik teror yang mengintai keluarga Darsinah akibat sakit hari seorang teman Darsinah yakni Mustika yang dulu sempat merawat Antika dari bayi karena pernikahannya tidak kujung diberikan momongan. Namun saat dewasa, Antika diambil paksa oleh Darsinah yang ingin dekat dengan putrinya karena sudah puluhan tahun tidak merawatnya. Mustika menjadi dendam dan mulai melakukan aksi jahatnya dengan bantuan dukun untuk membuat keluarga Darsinah menderita.

Dari perbuatan jahat Mustika selain mengenai Antika yang harus meninggal dengan cara tak wajar, proses panjang menguak misteri kematian Antika, Darsinah juga harus kehilangan suami, anak perempuan keduanya dan saudara-saudara kandungnya. Namun pada akhirnya Darsinah sendiripun harus kehilangan nyawanya karena berperang melawan kekuatan mistis dari Mustika, hingga keluarga Darsinah yang tersisa tinggal anak laki-laki bungsunya saja. Alfi anak bungsu Darsinah harus ikhlas menjalani kehidupan sebatang kara akibat perbuatan jahat Mustika dalam melenyapkan anggota keluarganya.

  1. Kelebihan Buku
  • Bahasa yang digunakan mudah dipahami meski ada unsur bahasa jawa yang disisipkan dalam cerita.

 

  1. Kelemahan Buku
  • Menggunakan alur maju mundur yang bisa membuat sedikit bingung jika membacanya tidak sekaligus selesai.

 

Oleh : Ririh Rohmatun