Kepemimpinan Yang Efektif

Judul Buku     : Kepemimpinan Yang Efektif

Pengarang      : H. Hadari Nawawi dan Martini Nawawi

Penerbit          : Gadjah Mada University Press

Tahun Terbit  : 1992

Tebal Buku     : 230 halaman

Buku yang berjudul Kepemimpinan yang Efektif yang ditulis oleh Hadari Nawawi dan Martini Nawawi merupakan buku yang sengaja ditulis untuk menjelaskan pengertian kepemimpinan untuk memahami prosesnya yang dinamis. Selanjutnya dibahas pula mengenai kepribadian pemimpin yang dengan corak dan warnanya masing-masing memberikan pengaruh pula pada dinamika kelompok atau organisasinya. Di dalam dinamika yang bervariasi itu, setiap pemimoin yang efektif harus berusaha mewujudkan fungsi-fungsi kepemimpinan, meskipun pelaksanaannya selalu disesuaikan dengan tipe kepemimpinan yang dijalankannya.

Uraian-uraian berikutnya membahas mengenai kewajiban pemimpin dalam mempersiapkan kader penggantinya, yang didasari oleh kesadaran akan keterbatasannya, baik secara manusiawi maupun dari segi administratif. Usaha kaderisasi dan pelaksanaan berbagai kegiatan organisasi itu melalui proses kepemimpinan yang efektif, ternyata tidak dapat dilepaskan hubungannya dengan sikap dan cara menerima dan memperlakukan oranglain. Untuk itu dibahas juga mengenai hak-hak asasi manusia dalam kepemimpinan. Dalam keadaan hak-hak asasi manusia mendapat tempat dan di hormati di dalam kehidupan organisasi, berarti kepemimpinan tidak dapat lagi sekedar dilaksanakan sebagai kegiatan rutin.

Oleh karena itulah dibahas mengenai upaya meningkatkan kualitas kepemimpinan, yang diperlukan dalam mewujudkannya menjadi proses yang efektif, sesuai dengan kondisi kehidupan bermasyarakat yang menghormati hak-hak asasi manusia. Dalam kehidupan masyarakat yang seperti itu, yang besar pengaruhnya terhadap kehidupan berorganisasi, maka akan sering dijumpai sering dijumpai konflik di antara anggota organisasi. Sehubungan dengan itu pada bagian terakhir dari uraian-uraian dalam buku ini, di bahas tentang cara mengendalikan konflik guna mewujudkan kepemimpinan yang efektif.

Sebagian besar, buku ini sudah sempurna untuk di jadikan bahan referensi pengetahuan dan pembelajaran peserta didik seperti mahasiswa, anggota organisasi dan calon pemimpin. Karena buku ini sudah mencakup fungsi, proses, peningkatan kualitas kepemimpinan dan juga cara-cara pengendalian konflik dalam kepemimpinan. Bahasa yang disampaikan dalam buku ini juga mudah dipahami, penyusunannya pun tersusun secara sistematis. Namun sayangnya karena buku ini diterbitkan pada tahun 90-an, cover buku dan kertas ini terlihat tidak menarik lagi.

Oleh : Hendra Rusmana