FILOSOFI TERAS

RESENSI BUKU

 

Judul                           : FILOSOFI TERAS

Penulis                         : Henry Manampiring

Penerbit                       : PT. Kompas Media Nusantara

Cetakan ke- 50

Tahun Penerbit            : Juli 2023

Tebal Buku                 : 324 halaman

Harga                          : Rp 125.000

Buku ini menceritakan tentang filsafat Yunani-Romawi Kuno mengenai mental tangguh masa kini, di awali dengan halaman pengantar, dimana penulis menceritakan mengapa menulis buku ini. Beberapa bulan sebelum menemui psikiater sih penulis mengalami kemurungan yang sulit dijelaskan seperti campur aduk antara sedih dan overthingking yang berlebih, dan selalu berpikir negative thingking terhadap apapun, sehingga sang psikiater memberitahu saya bahwa saya menderita “Major Depressive Disorder” yaitu “depresi” .

Dalam buku ini terdapat beberapa poin penting salah satunya yaitu pada halaman 69 yaitu sebuah quots “Kamu memiliki kendali atas pikiranmu-bukan kejadian-kejadian diluar sana. Sadari ini, kamu akan menemukan kekuatan” – Mercus Aurelius

Buku ini juga menceritakan berbagai langkah-langkah yang bisa diambil saat kita mulai merasakan emosi negatif (mau ngamuk, sedih, frustrasi, putus asa, dan lain-lain) dapat disingkat menjadi S-T-A-R (StopThink dan Assess, Respon)

  1. Stop adalah berhenti ketika kita mulai merasakan emosi yang ada di dalam diri kita, kita harus siapkan diri kita untuk mengatasi emosi yang ada di diri kita agar tidak menguasai diri. Dengan itu kita bisa berhenti dari aktivitas yang membuat kita mengalami emosi
  2. Think dan Assess adalah dipikirkan dan di nilai, saat kita merasakan emosi yang mendalam atau mengalami hal negatif, berpikir jernih adalah salah satu solusi. Hendak diam sejenak lalu dipikirkan dengan jernih apa yang bisa terjadi jika lepas control dan harus bisa menilai bagaimana ketika kita lepas control apa yang akan terjadi. Penilaian orang atau opini orang lain akan berdampak buruk jika kita emosi dan mengamuk di sebuah tempat umum karena tidak dapat mengontrol emosi.
  3. Respon adalah hal rasional yang diberikan dalam bentuk ucapan atau tindakkan, tergantung situasi yang ada. Respon yang baik akan mengarahkan hal baik yang akan terjadi.

 

Dari buku ini sekilas dapat dipetik beberapa poin yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk itu pentingnya membaca buku ini, bagaimana kita dapat mengatur emosi yang ada di dalam jiwa dan raga kita sebagai manusia.

Kelebihan novel

  1. Memaparkan pembahasan-pembahasan penting tentang langkah-langkah dalam mengendalikan emosi
  2. Buku ini banyak memaparkan cerita atau peristiwa yang biasa terjadi dalam hidup kita sehari-hari
  3. Lembar kertas pada buku lumayan tebal
  4. Covernya juga tebal dan bagus
  5. Banyak quotes yang memberikan semangat bagi pembaca

Kekurangan novel

  1. Kadang bahasanya sulit di pahami
  2. Banyak terdapat kalimat atau kata yang menggunakan bahasa yunani atau bahasa luar yang sulit dipahami