MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) SECARA VIRTUAL DI SMA MARTIA BHAKTI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Bapak Somantri, S.Ag. Selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan di SMA Martia Bhakti mengatakan, pelaksanaan MPLS tahun ini akan dilakukan secara daring dan hal itu dilaksanakan berdasarkan kebijakan pusat yang diinformasikan ke sekolah sekolah.

Berdasarkan Surat Edaran Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat nomor 422.1/9850-Set.Disdik tanggal 6 Juli 2020 Perihal Pedoman Pengenalan Lingkungan Sekolah SMA,SMK,SLB di Provinsi Jawa Barat, di informasikan kepada siswa/siswi kelas X SMA MARTIA BHAKTI BEKASI, bahwa akan dilaksanakan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Bukan hanya kegiatan belajar dan mengajar saja yang dilakukan secara daring melainkan juga kegiatan pengenalan saat memasuki tahun ajaran baru. Memasuki tahun ajaran baru, para siswa harus mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara daring. Kebijakan tersebut dilakukan oleh beberapa sekolah di Indonesia. Umumnya, kegiatan MPLS ini dilakukan selama tiga hari berturut-turut.

MPLS secara daring merupakan salah satu hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Hal ini membuat sebagian siswa membagikan momen langka tersebut dengan mengunggah moment MPLS secara daring di media sosial.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Peserta Didik Baru tahun Pelajaran 2020/2021 akan berlangsung selama 3 (tiga) hari. Mulai hari Senin, 13 Juli 2020 sampai dengan Rabu 15 Juli 2020.

Tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah :

       1. Mengenal Peserta didik Baru dan supaya dapat menyesuaikan dengan lingkungan SMA Martia Bhakti Bekasi.

      2. Membantu siswa untuk beradaptasi atau mengenal lebih dekat dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, seperti aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana dan prasarana sekolah.

      3. Menumbuhkan motivasi dan semangat cara belajar yang efektif bagi siswa baru.

Materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah :

No. Materi Pemateri Link
1. Materi MPLS Ekskul Arif Maulana, S.Pd. https://youtu.be/-y115QLYpl0
2. Wawasan Wiyata Mandala dan Keluarga Sadar Hukum Hendra Rusmana,S.Pd. https://youtu.be/H6VNbdJ2yv8
3. Pendidikan Karakter Syarif Maulana.S.Pdi. https://youtu.be/TTdKWvGskfg
4. Tata Tertib Somantri,S.Ag. https://youtu.be/C88qDfIVBCk
5. Peminatan Jurusan IPA/IPS Randhu Sugesti,S.Pd. https://youtu.be/oXxgwmb9KQY
6. Keagamaan Agus Hermawan, M.Pdi. https://youtu.be/gnIcGbd6v4M
7. Kurikulum 2013 Sudarmadi,SH. https://youtu.be/c2zm2DrnRDI
8. Cara Belajar Efektif Neneng Zubaidah,M.Pd. https://youtu.be/FLd485NQWoc
9. Pengenalan Lingkungan Sekolah Ricky Iriansyah,S.Pd. https://youtu.be/D8ulSUuFFNk
10. Tata Krama Tugiman,S.Pd. https://youtu.be/WO0JhHz-DaQ
11. Kewirausahaan Milla Sudharyanti,MM. https://youtu.be/m_CIseV7FS8

Besar harapan kami kepada seluruh siswa/siswi kelas X SMA Martia Bhakti Bekasi.untuk mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sesuai dengan ketetapan yang telah ditentukan, dan semoga kegiatan MPLS akan bermanfaat serta dapat menciptakan generasi yang Berkualitas dan Berkarakter Atas Dasar Iman dan Taqwa.