MATEMATIKA PAHALA

MATEMATIKA PAHALA

 

Identitas buku

  1. Judul         : Matematika Pahala
  2. Pengarang : Asrifin An Nakhrawie
  3. Penerbit : Genta Group Production, Sidoarjo
  4. Cetakan  : Pertama, Februari 2017
  5. ISBN : 9786026359209
  6. Tebal halaman : 203 halaman

 

Resensi buku

Ada hal menarik terkait masalah pahala, diantaranya adalah Allah SWT telah menetapkan konsep baku tentang besaran balasan pahala dengan kisaran mulai dari 10 sampai tak terhingga jumlahnya. Konsep ini menunjukkan bahwa balasan pahala yang ditawarkan Allah volumenya lebih besar dari ukuran amal ibadah yang dilakukan manusia.

 

Ada yang lebih fantastis dari itu. Ada amalan-amalan tertentu yang nilai pahalanya dianggap sebagai investasi oleh Allah hingga pahala tersebut akan terus mengalir. Ada pula jenis pahala berupa syurga. Anehmya pahala jenis ini diberikan untuk amalan-amalan ringan yang siapapun bisa melakukannya.

 

Adanya rumus pahala ini dimaksudkan agar manusia bisa introspeksi dan mengkalkulasi amal kebajikannya sebelum kelak di akhirat semua amal perbuatannya ditimbang oleh Allah yaitu pada saat yaumul hisab.

 

Dengan adanya kemurahan Allah dalam pemberian pahala ini maka diharapkan kita tidak salah dalam bersikap, yaitu diantaranya kita tidak boleh memiliki sikap sombong dan  malas beribadah karena merasa sudah mempunyai banyak tabungan pahala.

 

Buku ini terdiri dari 4 tema, yaitu :

  1. Memahami Pahala dan Ibadah
  2. Kalkulasi Pahala
  3. Investasi Pahala
  4. Segudang Pahala yang Sia-sia

Pahala merupakan salah satu bentuk penghargaan Allah kepada hamba yang menjahui larangan dan menjalankan perintah berupa ibadah, baik ibadah yang terkait dengan Allah SWT maupun terkait kemasyarakatan.

 

Tentu pelaksanaan ibadah itu tidak bisa dilakukan sembarangan, melainkan harus dipahami dahulu bagaimana konsep suatu ibadah. Apa syarat-syarat yang harus dipenuhi agar ibadah bisa diterima serta mendapatkan nilai pahala. Ada ibadah-ibadah tertentu yang mempunyai nilai yang besaran pahalanya berlipat ganda bilamana dilakukan dengan cara dan kondisi tertentu. Tetapi perlu diketahui juga bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan pahala  menjadi hangus sia-sia bahkan tidak tersisa sedikitpun. Tentu ada alasan mengapa hal ini bisa terjadi . Yang jelas kenyataan ini mengisyaratkan agar kita pandai-pandai menyimpan tabungan pahala dengan sebaik mungkin . Jangan sampai pahala yang sudah terkumpul itu hilang dan tidak tersisa. Parahnya lagi, kita sendiri ternyata tidak menyadarinya. Untuk itu diperlukan petunjuk bagaimana kita dapat mempertahankan pahala ini agar melekat hingga akhir perhitungan.

Kelebihan buku :

Buku MATEMATIKA PAHALA ini disusun dengan bahasa yang sangat mudah dipahami. Isi tema pada buku ini mengingatkan agar kita selalu meningkatkan kualitas ibadah dan tidak merusak pahala yang terkandung didalamnya.  Materi yang dipaparkan selalu menyertakan ayat suci Al-Qur’an dan Hadist beserta terjemahannya. Setelah membaca buku ini tentunya sangat menambah ilmu pengetahuan dan terus berusaha memperbaiki kualitas ibadah yang kita jalani dalam kehidupan sehari-hari sebagai bekal untuk kehidupan kekal di akhirat kelak.

 

Kekurangan Buku :

Cetakan pertama ini kualitas kertas yang digunakan buram

 

Oleh : Nur Roqimah