RESENSI BUKU 40 UCAPAN TERLARANG

RESENSI BUKU

40 UCAPAN TERLARANG

 

Identitas buku

  1. Judul : 40 Ucapan Terlarang
  2. Pengarang : Abdillah F Hasan
  3. Penerbit : Elex Media Komputindo
  4. Cetakan : Pertama, 2020
  5. ISBN : 978-623-00-2093-3
  6. Tebal halaman : 163 halaman
  7. Harga buku : Rp 80.000

 

Biografi Penulis

Abdillah Firmanzah Hasan, seorang murabbi di Lembaga Pendidikan Yayasan Masjid Al-Falah Surabaya. Lulusan FISIP UNAIR yang gemar mencari ilmu ilmu pada banyak ulama ini pernah aktif sebagai kuli tinta pada media massa dari Jakarta (perwakilan Jatim), juga mantan pimpinan direksi Bulletin Papyrus FISIP UNAIR. Selain ceramah, beliau suka mengamati masalah social keagamaan. Beliau senang bertukar pikiran dan berdiskusi masalah spiritualitas terutama tentang tasawuf baik yang konservatif maupun kontemporer. Kini juga menjawab redaksi/reporter, contributor pada beberapa majalah di Surabaya dan pengisi opini pada sejumlah media cetak baik masalah politik, ekonomi, social, Pendidikan maupun agama.

 

Resensi buku

Seseorang yang dapat berbicara dengan lidahnya merupakan karunia besar yang diberikan Allah kepada ciptaan-Nya. Sudah selayaknya kita menggunakan karunia tersebut dengan amanah, bukan dengan berkata buruk dan mendzalimi orang lain. Sebab perkataan yang tidak baik bisa membuat seorang muslim terjerumus ke dalam murka-Nya. Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya seorang hamba apabila berbicara dengan satu kalimat yang tidak benar (buruk), hal itu menggelincirkan dia ke dalam neraka yang lebih jauh antara timur dan barat.” (HR. Bukhari).

Buku ini berisi 40 ucapan terlarang yang dijelaskan dalam AL-Quran dan Al-Hadis. Dibahas dengan pemaparan yang sederhana, ringan dan mudah dimengerti karena terkait erat dengan kehidupan sehari-hari. Semoga kita lebih berhati-hati dalam menjaga lisan sehingga kelak kita menjadi hamba yang beruntung di sisi Allah, sebagaimana sabda Rasulullah Saw, “Barangsiapa yang menjamin untukku apa yang berada di antara dua rahangnya (mulut) dan apa yang ada di antara dua kakinya (kemaluan) maka aku akan menjamin baginya Al-jannah (surga).” (HR. Bukhari)

Kelebihan buku :

Buku ini disusun dengan bahasa sehari-hari menggunakan contoh dan komunikatif. Sehingga mudah sekali untuk difahami. Selain itu juga sangat inspiratif dan menjadi motivator untuk segala usia sehingga berhasil membuat pembaca hanyut dan penasaran kata terlarang apa yang akan dibahas. Tema buku ini pun beragam membahas semua sisi kehidupan. Materi yang dipaparkan selalu menyertakan ayat suci Al-Qur’an dan Hadis beserta terjemahannya. Setelah membaca buku ini tentunya sangat menambah ilmu dalam mengarungi kehidupan yang penuh liku dan perjuangan. Nasihat-nasihat yang diberikan sederhana dan nyata dikehidupan sehari-hari.

Kekurangan buku :

Ada beberapa tulisan/font yang digunakan tidak kontras dengan backgroundnya

 

Oleh : Khoirunnisaa Anggraeni