Fisika Berbasis Al Qur’an

IDENTITAS BUKU

  1. Judul : Fisika Berbasis Al Qur’an
  2. Pengarang          : Dr. H. Ridwan Abdullah Sani, M.Si
  3. Penerbit              : AMZAH
  4. Cetakan              : Cetakan pertama , Oktober 2019
  5. ISBN                  : 978-602-0875-86-6
  6. Tebal halaman   : 310 halaman
  7. Harga buku : Rp 76.000

 

BIOGRAFI PENULIS

Dr. H. Ridwan Abdullah Sani, M.Si lahir di Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung pada tanggal 10 Juni 1964. Penulis menyelesaikan studi di Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Bandung pada tahun 1978, S-2 di Jurusan Fisika ITB pada tahun 1993 dan S-3 di juruan Fisika ITB pada tahun 2000.

Saat ini , penulis mengajar di Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Negeri Medan sejak tahun 1988. Penulis telah menulis beberapa buku pendidikan, buku fisika dan buku hasil penelitian. Penulis juga aktif sebagai Pembina Asosiasi Guru Fisika Provinsi Sumatera Utara, Pembina komunitas penulis di Sumatera Utara, Ketua Asosiasi Pendidik dan Pengembangan Pendidikan Indonesia (APPPI Provinsi Sumatera Utara, dan Wakil Ketua Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Utara.

 

RESENSI BUKU

Buku ini menjelaskan tentang kebenaran Al Qur’an ditinjau dari kajian fisika. Al Qur’an bukan hanya merupakan kitab ilmu pengetahuan (sains), namun juga mencakup beberapa kajian ilmu pengetahuan yang dapat dijadikan sebagai bukti bahwa Al Qur’an merupakan wahyu Allah SWT. Kebenaran Al Qur’an akan ditunjukkan oleh Allah SWT untuk dapat diungkapkan oleh manusia ketika manusia itu sendiri menyelidiki tentang alam yang ada di sekitarnya.

Beberapa konsep fisika yang dikaji dalam buku ini didasarkan pada ayat Al Qur’an. Tidak banyak konsep fisika yang disajikan, namun bukan berarti hanya konsep – konsep itu saja yang ada dalam Al Qur’an. Konsep – konsep yang dijabarkan dalam buku ini mencakup enam bagian, yaitu simetri, ruang dan waktu, materi dan energi, bumi dan atmosfer, benda langit, analogi fisika, dan fisika masa depan. Selain konsep fisika, buku ini juga membahas ilmu Kimia , Biologi , Geografi dan Astronomi yang terdapat  di dalam Al Qur’an.

 

KELEBIHAN BUKU

Dari buku ini kita jadi mengetahui bahwa Al Qur’an merupakan wahyu yang diturunkan oleh Allah SWT yang mencakup beberapa kajian ilmu pengetahuan. Buku ini juga membuktikan bahwa Al Qur’an dan sains tidak dapat dipisahkan karena ada konsep – konsep pada sains yang sudah dijelaskan di dalam Al Qur’an. Di buku itu juga tertulis jelas ayat – ayat pada Al Qur’an  yang berkaitan dengan konsep ilmu pengetahuan saat ini.

 

KEKURANGAN BUKU

Ada beberapa istilah – istilah rumit yang tidak dijelaskan di dalam buku ini.