Allah Tahu Kamu Mampu

Allah Tahu Kamu Mampu

Judul: Allah Tahu Kamu Mampu
Penulis: Ikhsanudin
Penerbit: Sahima
Penyunting: Tatep Mulyadin
Pendesain Sampul: Deffi Lesmawan
Tata Letak: Annisa Haq
Ilustrasi: www.freepik.com
Tebal: 150 halaman
ISBN: 978-602-6744-43-2
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, 2020, cetakan ketiga, 2021

“Allah Tahu Kamu Mampu” buku pertama yang saya baca dari pada tulisan-tulisannya @kangihsan_ dan ini keren,

Ikhsanudin atau yang akrab disapa ihsan atau kang ihsan ini lahir di Aceh, dua puluh dua tahun silam. Ia merupakan seorang yang gemar membaca dan menulis. Lewat pengalaman dan perjalanan hidupnya, ia berusaha membagikan pelajaran dan hikmah yang ia tangkap , menuangkan nya dalam bentuk tulisan-tulisan motivasi dan hikmah guna menyemangati dirinya sendiri dan orang – orang disekitarnya. Baginya hidup adalah perihal memberi manfaat kepada orang lain.

 

Buku – buku yang telah diterbitkan, diantaranya buku yang berjudul Hidup ( 2019), Atas Nama Cinta (2019), dan Sesekali Kita Butuh Sepi (2020).

Buku ini cukup tipis, habis dibaca sekali duduk. Beralih ke daftar isi, saya langsung melompat ke hal. 50, karena ini yang saya butuhkan. Ketenangan, keadaan yang lebih tenang.

“Tenanglah tenang karena Allah Maha Penyayang.” (Hal. 50) , Saya sangat menyukai kalimat ini, saya ulang-ulang membacanya dan saya semakin menyukainya.

***
“Sabar dulu, Allah tahu kamu mampu. Allah tak pernah beri beban lebih dari pada kemampuan hamba-Nya. Sungguh, kamu selalu lebih kuat daripada cobaan dan ujian yang ada. Jangan menyerah untuk memperjuangkan mimpi-mimpi yang indah.”

 

Buku ini mengkaji   tiga bab.

Bab pertama dalam buku ini membahas tentang “Ternyata Allah Sayang Kepadaku,”
Dengan 18 sub bab. Membahas tentang bagaimana cintanya Allah kepada kita. Cobaan, ujian, kesedihan, air mata adalah bentuk daripada sayangnya Allah. Barangkali, dengan cobaan itu kita semakin dekat dengan-Nya, dengan ujian yang bertubi itu Allah sedang menghapus dosa-dosa kita. Tak ada yang sia-sia dari usaha dan doa kita, walaupun mendapat sesuatu hal yang tidak seusai dengan ekspekstasi kita, sesungguhnya Allah lebih tahu apa yang terbaik bagi hamba-Nya. Jangan bersedih, karena Allah Maha Pengasih, bagaimanapun kesalahan yang kita perbuat, dosa yang sudah begitu menumpuk, rahmat Allah sangatlah luas, Allah senantiasa mengampuni hamba-Nya yang mau bertaubat.

Allah Maha Melihat, dan ketetapannya itulah yang terindah, saat kita mengikhlaskan, disitulah adanya kelegaan. Jangan risau memikirkan rezeki, Allah telah mengaturnya. Sub bab paling terakhir dari bab ini membahas tentang bagaimana seorang kita yang belum mampu memiliki, harapan yang tidak menjadi realiti, tetapi tetap tenang menghadapi, tetap adem menyikapi, dan seperti yang saya katakan tadi, saya membutuhkan ini, lebih tenang lagi.

Sementara bab kedua dengan judul bab, “Allah Tahu Kamu Mampu” dengan sub bab paling banyak diantara ketiga bab dalam buku ini. Mungkin inilah klimaksnya, membahas tentang apapun yang tengah dihadapkan kepada kita, baik penderitaan, ketidaksukaan kita dengan sesuatu, sesungguhnya Allah memberikan kepada kita suatu cobaan sesuai kadar kesanggupan kita

Kemudian bab ketiga membahas tentang “Saatnya Kembali” tentunya  kembali lagi kejalan yang diridai Allah, kembali menemukan diri yang sadar bahwa kita membutuhkan Allah SWT.

 

Buku ini bakalan relate banget buat kamu yang lagi dalam masa quarter life crisis. Keadaan dimana kamu dalam keadaan terpuruk sedih, putus asa, kecewa, dan gak tau lagi harus bagaimana, dan  membaca buku ini jadi refleksi ke masa lalu diri kita yang penuh lika-liku.

Kebihan dari buku ini, tiap bab tidak terlalu panjang jadi enak banget bolak baliknya. Dan pastinya bisa dibaca juga sesuai kebutuhan, tinggal liat judul tiap babnya aja dan siap-siap setiap kalimat atau tulisan yang kita baca membuat diri kita makin tersadar.

Yang menarik, ada kisah hidup kang ihsan yang diceritakan di buku ini. Yang pastinya menyimpan banyak hikmah bagi pembacanya. Tapi kisahnya mirip-mirip kaya saya yang pernah saya alami juga. Yang penasaran kisah hidup kang ihsan kaya gimana, Langsung aja baca buku ini ya,  pastinya banyak yg Penasaran sih.

Jadi, buat kamu yang lagi punya masalah hidup dan butuh charger keimanan, buku ini sangat saya rekomendasikan untuk kamu baca. Buat penyemangat diri kita disat hati mulai melemah..

 

Resentator : Fitri handayani, S.Pd