Sejarah Islam yang Belum Terungkap

Identitas buku

  1. Judul                  : The Untold Islamic Story (Sejarah Islam yang Belum Terungkap)
  2. Pengarang         : Edgar Hamas (Founder @gen.saladin)
  3. Penerbit             : PT. Generasi Shalahuddin Berilmu
  4. Cetakan              : ketiga, Agustus 2022
  5. Tebal                   : 249 halaman

Resensi buku

Dua pertiga Al-Quran berkisah tentang sejarah, sejarah adalah cara kita menemukan harapan, sejarah membuat kamu memiliki karakter visioner, 3 alasan inilah setidaknya yang membuat penulis memberikan gambaran kepada kita untuk terus menelisik lebih dalam tentang sejarah umat ini.

Bukan hanya sekedar bernostalgia tentunya, tetapi yang lebih penting menemukan kepingan puzzle sejarah umat ini yang tersembunyi atau bahkan memang sengaja disembunyikan agar kita terus tertidur pulas dan lupa dengan tugas kita untuk menyusun kembali kemenangan umat ini yang telah lama tak terdengar

Buku ini diawali dengan keadaan sebelum Nabi Muhammad dan alasan mengapa Arab yang menjadi tempat perjuangan nabi, dilanjutkan dengan perjuangan Nabi dan kisah heroik para sahabatnya sebagai Golden Generation sampai dengan kisah dari para Khalifatu Rasulillah

Sepeninggal Nabi dan para khalifatu Rasulillah, tinta sejarah keemasan Islam dilanjutkan dengan lebih epik lagi. Karena pondasi kokoh imannya telah tertanam kuat semasa nabi dan Khalifatu Rasulillah, maka bangunan megah islam terus menyebar hingga 3 benua (Asia, Eropa, dan Afrika).

Kisah epik itu menemukan puncaknya ketika peradaban yang mulia itu menyebar ke eropa dan menemukan momentumnya di Andalusia. Nama-nama besar mengiringi zaman keemasan itu, ada Shalahuddin Al Ayyubi (Orang eropa mengenangnnya dengan Saladin “The Wise”, Shalahuddin yang bijaksana), ada Thariq bin Ziyad yang membuka jalan masuk ke eropa lewat Battle of Guadalate, ada Imam Al-Bukhari dengan kitab fenomenalnya “Shahih Al-Bukhari” dll.

Nama-nama besar itu tentu hanya mewakili dari sekian banyak Ulama, ilmuwan, pejuang yang mewarnai puncak peradaban Islam. Buku ini masih menyimpan banyak nama-nama besar lainnya yang selama ini jarang atau bahkan kita belum mengenal akan kebesarannya

 

Kelebihan buku

Membaca buku ini bukan hanya membuat anda mengetahui kisah-kisah yang belum terungkap dari rentetan tumbuhnya peradaban Islam sampai menyebar ke benua Eropa, tetapi semakin membuat anda penasaran untuk mengetahui kisah apalagi yang bisa membuat dunia terinspirasi oleh peradaban Islam.

Pilihan dan susunan kata yang dipakai penulis, lembar-lembar halaman yang berganti warna, gambar pendukung yang memanjakan mata, pemilihan cover buku yang tepat, menjadikan buku ini semakin bermakna dan membuat kita terbius menikmati bacaannya sampai halaman terakhir.

 

Fauzan Haq

6 April 2022