Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur

RESENSI BUKU

Judul : Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur

Penulis : Malik Al Mughis

Penerbit : Syalmahat

Tahun Penerbit : 2022 (Cetatakan ke-tiga)

Tebal Buku : 178 halaman

Harga : 35. 000;

Buku ini menceritakan tentang mengapa kita harus bersyukur sebagai manusia. Ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa orang yang mampu mensyukuri hidupnya cenderung akan hidup lebih bahagia, mampu menjaga kesehatan mental dan fisik, bahagia dalam hubungan sosial, memiliki kepercayaan dan keyakinan diri yang tinggi, dan mampu menjalin hubungan dengan orang lain dengan lebih baik.

Tidak ada istilah di dalam dunia ini yang namanya nikmat. Tidak ada kehidupan di dunia yang tanpa ujian dan lebih mudah mengartikannya “Hidup adalah Proses” this point. Mengapa ??? karena setiap kehidupan untuk mencapai sesuatu yang lebih baik itu selalu melewati proses baik tentang dunia dan akhirat.

Sebagai umat muslim, kita harus tahu bahwa kita diperintahkan untuk selalu bersyukur atas segala kenikmatan hidup yang telah kita terima dari Allah Ta’ala. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “mereka mengetahui nikmat Allah, kemudian mereka mengingkari dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang ingkar pada Allah.” (QS. An-Nahl:83)

Allah tidak akan menguji hambanya diluar batas kemampuan hambanya, jika kamu yang terpilih dalam ujian Allah maka bersenanglah, Allah sangat menyayangimu dan Allah yakin kamu mampu melewati ujiannya. Berarti Allah telah memberikan yang terbaik, seperti yang sudah dijanjikan-Nya

“Bersyukur adalah magnet bagi datangnya banyak keajaiban”.

Ciri – ciri orang yang kurang bersyukur sehingga hidupnya tidak bahagia adalah :

1. Suka mengeluh

2. Membandingkan hidup miliknya dengan orang lain

3. Ingin hidup menjadi orang lain

4. Merasa menjadi orang yang paling malang di dunia

5. Pesimis

6. Lebih suka melihat kekurangan daripada kelebihan

Buku Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur membahas lebih dalam tentang hidup kita yang menderita atau kitanya yang lupa bersyukur sehingga nikmat Tuhan manakah yang kita dustakan? Walaupun hidup di dunia tak lepas dari musibah, akan selalu ada yang bisa kita syukuri agar Allah menambahkan lagi nikmat itu.Dari buku ini sekilas dapat dipetik beberapa contoh amalan-amalan yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk itu pentingnya membaca buku ini.

Kelebihan novel ini

1. Memaparkan pembahasan-pembahasan penting tentang bagaimana caranya untuk selalu bersyukur terhadap ujian dan nikmat yang Allah SWT berikan, agar Allah SWT bereskan segala urusan dunia dan akhirat kita. Hingga kita menjadi hamba yang dirindukan surga, InsyaAllah..

2. Buku ini tidak hanya menjabarkan tentang kenikmatan bersyukur tetapi juga membahas segudang pembahasan penting lainnya, seperti bagaimana caranya untuk bersyukur dalam keadaan bahagia ataupun saat sedang bersedih, nikmat umur yang diberikan Allah SWT, dan kisah-kisah penuh hikmah yang diceritakan oleh penulis.

Kekurangan novel