JANGAN JADI MANUSIA, KUCING AJA!

RESENSI BUKU “JANGAN JADI MANUSIA, KUCING AJA!”

Identitas Buku

Judul Buku: Jangan Jadi Manusia, Kucing Aja!

Penulis: Tanzilal Azizie

 

Penerbit: TransMedia Pustaka

Tahun Terbit: 2022

Tebal Halaman: 184 halaman

 

Sinopsis

Buku ini menceritakan tentang bagaimana caranya mengonversi hari-hari buruk menjadi senyum manis sebelum tidur, berasal dari keluh kesah orang-orang yang bercerita di Raina Pulang yang merupakan wadah yang dibuat oleh sang penulis dibeberapa platform media sosial.

Dalam buku ini sangat banyak cerita bagaimana orang-orang memandang suatu masalah dan akhirnya mereka dapat memandang masalah tersebut bukanlah hal yang harus dipikirkan terlalu dalam. Seperti judul buku yang usung oleh Tanzilal, bahwa kita sebagai manusia yang perasa dan pemikir bisa seperti kucing yang cuek. Ekspresi kucing tidak akan berubah, ia tidak peduli dengan orang-orang disekitarnya.

Seperti kutipan dalam buku ini “…. tak perlu menaruh ekspektasi berlebih pada mereka, terutama kepincut pada orang-orang baru yang menarik perhatian”

Semakin dewasa, kita akan merasa kecewa pada seseorang apabila masih berekspektasi lebih pada mereka. Karena yang akan membuat kita kecewa adalah “ekspektasi” yang kita tujukan pada orang-orang pada aspek apapun.

Kelebihan Buku

  • setiap cerita yang ada di dalam buku ini cukup relate dengan keadaan banyak orang pada akhir-akhir ini
  • bahasa yang digunakan oleh penulis cukup mudah dimengerti
  • banyak ilustrasi yang disajikan pada buku yang membuat buku ini tidak bosan untuk dibaca

Kekurangan Buku

  • perumpamaan yang diberikan pada tiap cerita cukup sulit dimengerti oleh pembaca remaja, karena kiasan-kiasan yang diberikan memerlukan pemikiran dan logika yang cukup matang.

OLEH: AYU PUSPITA PURBORANI