In Teachers We Trust

IDENTITAS BUKU

Judul Buku                  : In Teachers We Trust ( PEDOMAN FINLANDIA UNTUK MENJADI SEKOLAH BERTARAF DUNIA )

Penulis                         : Pasi Sahlberg & Timothy D. Walker

Tebal Buku                  : xxv + 219 halaman

Penerbit                        :  PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Tahun Terbit                : 2023 Juli

ISBN                            : 978-602-05-2957-8

 

SINOPSIS

 IN TEACHERS WE TRUST

 ( PEDOMAN FINLANDIA UNTUK MENJADI SEKOLAH BERTARAF DUNIA )

Bagaimanapun Juga, salah satu aspek paling menantang di Amerika tiada lain adalah perkara masuk dan keluar dari Amerika. Dan tidak ada bedanya sekarang. Saat saya menunjukkan dokumen saya kepada petugas imigrasi, ia melihat berkas saya dan memeriksa di komputernya.

Tata Bahasa yang dipakai saat melayani orang yang akan meninggalkan amerika serikat juga tidak “ lebih halus” dari Bahasa yang digunakan saat melayani kedatangannya ke Amerika. Saat anda datang ke Amerika serikat untukn tinggal, dan jika anda belum menjadi, atau sama sekali bukan, penduduk tetap, anda akan melihat kartu identitas anda menatap balik kea rah anda dari sebuah lembar, seperti seorang “ Alien.” Seperti seorang asing dari luar angkasa yang tidak diinginkan, untuk masuk ketanah Amerika, anda harus menjawab sekian banyak pertanyaan termasuk ke tanahAmerika,  anda harus menjawab sejian banyak pertanyaan termasuk apakh anda pernah terliabt genosida. Saya penasaran apakah ada seorang yang pernah menjawab “ ya” atas pertanyaan ini, atau mungkin mengaku, “pernah sedikit, dan itu sudah lama.” Setiap orang akan menjawab “tidak” ( kecuali jika mereka tidak membaca formulrnya, tentu saja), namun tertap saja mereka masih harus menuliskan dan mengatakannya. Sebaliknya, jika tidak ada hitam di atas putih, mereka akan lolos, memusnahkan seluruh spesies sebelum anda menyadarinya.

Memasuki atau meninggalkan amerika serikat adalah sebuah proses yang dilalui dengan rasa percaya yang rendah. Dari awal akan di rendahi akan di curigai. Anda tidak disambut atau dipeluk saat menginjakan kaki ketanah kebebasan dan rumah para pemberani untuk memeluk kehidupn, kemerdekan dan mengejar ke bahgi

Finlandia adalah salah satu negara dengan system pendidikan yang tidak perlu di ragukan kualitasnya. Dari hasil program for international student assessment ( PISA). Finlndia senantiasa meraih skor mengagumkan di bidang literasi, matematika dan sains. Hal ini menjadikn finlandia banyak dinjadikan sebagai contoh dan rujukan bagi negara lain dalam mengembangkan pendidikan.

 

 

 

KELEBIHAN BUKU

Buku ini ingin menunjukan bahwa mempercayai  guru merupakan satu bahan penting dari kesempurnan pendidikan dan kesejahteraan bukan berarti agar guru dapat mengjar sesuka hati, atau dilepas sendirian, namun agr mereka dapat bekerjasama sebagai professional yang memenuhisyarat bagi anak-anak sehingga dapat memahami dan mengetahui informasi dengan cara terbaik. Ketimbang menciptakan ilusi tentang guru dan sekolah negri yang mengkhianati kita, inilah saatnya untuk mengikuti orang Finlandia dan membangun rasa percaya, secara aktif dan sukarela, dalam lembaga professional dan public tempat kita bekerja.

Buku ini merupakan hasil kerjasama. Kami beruntung mendapat keistimewaan bertemu dengan guru dan kepala sekolah yang luar biasa di Finlandia, Amerika Serikat, dan Australia untuk belajar lebih bnyak lagi cara untuk menumbuhkan rasa percaya kepada guru dan mengapa beberapa sekolah kelihatan lebih berhasil dalam membangun rasa percaya daripada sekolah lainnya.

Oleh : Hambali