SENI MEMAHAMI WANITA

RISENSI BUKU

SENI MEMAHAMI WANITA

ARIEF MAULANA

 

Judul Buku : Seni Memahami Wanita

Penulis : Claudia Sabrina

Penerbit : Bright Publisher

Tebal :  150 halaman

Tahun Terbit : 2020

Kategori : Non-Fiksi, Self Improvement

My Rated : 4,5/5

Tuhan menciptakan pria dan wanita untuk saling melengkapi, saling mencintai dan saling mengasihi. Cara wanita memahami pria maupun sebaliknya, tidak sama, sehingga sering terjadi masalah dalam hubungan mereka. Namun, perbedaan wanita dan pria bukanlah yang membuat mereka berbenturan. Sejatinya, perbedaan itu yang membuat mereka saling melengkapi.

Buku Seni Memahami Wanita ini menawarkan cara yang mudah bagi pria untuk memasuki dunianya wanita. Dengan demikian diharapkan pria bisa lebih memahami wanita sehingga muncul sikap saling pengertian yang merupakan fondasi terbaik lahirnya cinta dan kasih sayang menurut Claudia Sabrina.

“Isi hati wanita itu ibarat sebuah buku yang kosong. Pria tidak akan pernah bisa membacanya. Namun jika pria ingin mengetahuinya, maka pria perlu mendengarkan setiap kata yang akan disampaikan.”

 -Claudia Sabrina

Seringkali bagi kaum laki-laki, wanita adalah makhluk paling abstrak yang susah dimengerti. Hal itu dikarenakan pada wanita, terdapat berbagai hal yang sangat istimewa. Tentu kita pernah mendengar sebuah jargon yang mengatakan bahwa “wanita selalu benar”, dan mungkin hal itu memang benar adanya dikarenakan pada tiap-tiap wanita pada dasarnya bersifat “selalu ingin dimengerti”.

Terlepas dari mitos atau benarnya sebuah jargon yang mengatakan bahwasanya “wanita sulit dimengerti”, bukanlah suatu kesalahan apabila kita (terutama kaum lelaki) mempelajari karakter wanita pada umumnya. Akan tetapi, di dalam mempelajari atau menganalisis karakternya tersebut, bukan berarti kita tidak menggunakan ilmu pengetahuan sebagai dasar konkret metode kita. Memang sepertinya, hal yang mendasari karakter wanita pada umumnya berangkat atau berawal dari kajian psike (yang berkaitan dengan jiwa, sukma, dan rohani), yang mana bila dikembangkan menjadi kajian psikologi.

Dalam kaitannya dengan wanita, kali ini saya akan mengulas sebuah buku yang erat kaitannya dengan psikis kaum wanita. Adapun buku tersebut merupakan sebuah hasil karya analisis dari seorang wanita yang tentu tak perlu diragukan lagi kajiannya. Wanita atau pengarang buku tersebut ialah Claudia Sabrina, sedangkan buku hasil analisisnya berjudul “Seni Memahami Wanita“.

Dalam bukunya yang berjudul ” Seni Memahami Wanita”, sang penulis mengajak kita semua sebagai pembaca untuk mengerti terlebih dahulu apa saja keistimewaan kaum wanita. Pada bagian awal buku ini juga, sang penulis memaparkan poin-poin penting yang menjadi keistimewaan kaum wanita. Bagi sang penulis, wanita tak lain ialah ‘makhluk yang ajaib’, dikarenakan setiap wanita merupakan ‘ibu’ dari setiap ‘anak’ yang dilahirkan.

Pada bagian-bagian selanjutnya, sang penulis kembali memaparkan apa saja yang menjadi keistimewaan kaum wanita. Hal tersebut kemudian oleh sang penulis dibagi menjadi beberapa bagian tema, yang memuat aspek kepribadian, perbedaan karakter, dan emosi. Pada bagian pemaparan aspek kepribadian dan emosi wanita, sang penulis memaparkan hal apa saja yang menjadi karakter umum pada wanita. Sementara itu, pada pemaparan aspek perbedaan karakter, sang penulis memaparkan karakter wanita berdasarkan perbandingan gender.

Buku ini, memang pada dasarnya menjelaskan atau memaparkan hal apa saja yang menjadi keistimewaan wanita, agar kita semua (terutama kaum lelaki) tidak lagi termakan oleh jargon-jargon tentang wanita yang belum terbukti kebenarannya. Lebih jauh lagi, buku ini juga bertujuan agar kaum wanita tetap mencintai dirinya sendiri, dengan kesadaran bahwa dirinya amat istimewa.

Buku ini sangat cocok bagi kalian kaum lelaki yang sedang mengalami problematika dengan pasangan kalian, barangkali dalam buku ini kalian dapat menemukan solusinya. Selain itu, buku ini sangat cocok bagi kalian yang ingin mempelajari karakter atau psike tentang wanita karena buku ini cukup lengkap kajiannya.

Wanita ini memang berpikiran cepat dan tajam, langsung dapat mengetahui apa yang hidup di dalam dada. Barangkali di situ letak kekuatannya yang mencekam orang dalam genggamannya, dan mampu pula menyihir orang dari kejauhan. Apalagi dari dekat.”

-Pramoedya Ananta Toer