Tradisi Unik Indonesia dan Dunia

RESENSI BUKU

Judul Buku :  Tradisi Unik Indonesia dan Dunia

Penulis : Sintha Setyaningrum & Khusnul Khotimah

Penerbit : C-Klik Media

Tahun Terbit : 2022

Jumlah Halaman : 260 Halaman

 

Tradisi Unik Indonesia dan Dunia

Beragam suku, agama, hingga lokasi geografis termasuk salah satu hal yang mempengaruhi keberagaman suatu negara. Tidak dapat dipungkiri bahwa adanya tradisi ini menjadikan suatu negara memiliki ciri khas unik dan menarik untuk dikunjungi. Pasti kita semua sudah tahu kalau Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak etnis, suku, dan kepercayaan. Jadi nggak salah kalau dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia memiliki beragam tradisi unik yang berbeda-beda tiap daerah. Tradisi-tradisi ini masih dijaga hingga sekarang, jadi kita tetap bisa melihat bagaimana tradisi ini hidup berdampingan dengan masyarakat.

Ada tradisi di Indonesia yang sangat menarik, tradisi yang terbilang ekstrem ini memang sudah banyak ditinggalkan oleh suku Dani. Potong jari adalah tradisi untuk menunjukan kesedihan karena ditinggal oleh anggota keluarga. Bagi suku Dani jari mempunyai arti yang lebih dalam, disimbolkan sebagai bentuk kerukunan, kebersatuan, dan kekuatan dalam diri manusia ataupun sebuah keluarga.

 

Kelebihan buku : Banyak informasi terkait tradisi-tradisi di setiap daerah dan negara yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan.

Kekurangan buku : Gambar-gambar yang tersedia dalam buku tidak berwarna sehingga ada beberapa gambar yang kurang jelas sehingga terlihat kurang menarik.

 

Arfini Puja Dwi Putri, S. Pd