SEJARAH PERADABAN ISLAM

Judul Buku                  : SEJARAH PERADABAN ISLAM

Penulis                         : Drs. Badri Yatim, M.A

Penerbit                       : manajemen PT Raja Grafindo Persada JAKARTA

Tahun                          : September 1998

Jumlah Halaman         : 338 halaman

 

SEJARAH PERADABAN ISLAM, oleh Drs. Badri Yatim, M.A

  1. Kebiasaan bangsa Arab Jahiliyah Sebelum Kedatangan Islam

Moral orang-orang Arab pada masa itusudah benar-benar rusak, judi, khamer adalah kegemaran mereka. Mereka juga sangat kejam, hingga dengan teganya mengubur anak Perempuan mereka hidup-hidup. Pada saat iru Wanita sama sekali tidah dihormati, hingga Wanita pada saat itu dapat diwarisi sebagaimana harta benda dan hewan ternak. Selain pembunuhan  pada masa itu sering kali terjadi peperangan, hingga berlalut-larut selama 40 tahun.

Selain itu orang-orang Arab semakin tenggelam dalam kemusrikan, dengan menjadikan tuhan-tuhan selain Allah. Mereka tersesat dalam peribadatan terhadap berhala-berhala dan patung-patung. Di setiap sudut kota bahkan setiap rumah terdapat patug-patung khusus. Di halaman dan di ka’bah (bangunan suci yang telah dibangun oleh Nabi Ibrahim A.S.) sebagai tempat beribadah kepada Allah swt. terdapat 360 patung.

  1. Alasan Turunnya Islam di Jazirah Arab

Allah swt., telah memilih bangsa Arab sebagai bangsa pertama yang berhak menerima Islam. Setelah itu mereka berkewajiban menyebarkan ke seluruh penjur dunia. Karena bangsa Arab masih bersih dan belum ternodai oleh budaya yang menyesatkan dan kemajuan bangsa mereka sendiri, lain halnya dengan bangsa Romawi, Persia dan India yang sudah ternodai kebudayaan dan kemajuannya. Bangsa Arab hanya tersesat karena kebodohan dan keterbelakangan mereka. Jadi sangat mudah untuk dibimbing dan diarahkan.

  1. Paling tidak sampai tahun 1970-an, studi Islam hanya mencakup empat Kawasan, yaitu Kawasan pengaruh kebudayaan Arab (Timur Tengah dan Afrika Utara termasuk Spanyol Islam), pengaruh kebudayaan Persia (Iran dan negara-negara Islam Asia Tengah), kawasan pengaruh kebudayaan Turki, dan Kawasan pengaruh kebudayaan India-Islam. Sekarang Kawasan ini menjadi luas dengan ditambahkannyaAsia Tenggara sebagai suatu Kawasan baru dalam studi keislaman.
  2. Dalam buku ini terdapat dua bagian besar pembahasan, yaitu Sejarah Dunia Islam (Bab-bab II, II, IV, V, VI, VII, VIII, IX, dan XIV), dan bagian Sejarah Islam di Indonesia (Bab-bab X, XI, XII, dan XV). Buku ini berisi uraian materi tentang sejarah peradaban Islam yang penting untuk diketahui bagi peminat studi keislaman.

 

  1. Sejarah politik dunia Islam dibagi menjadi tiga periode; Pertama, periode klasik (650-1250 M); Kedua :, periode periode pertengahan (1250-1800 M); dan periode modern (1800 sampai sekarang). Untuk perkembangan Islam di Indonesia dibuat periodesasi sebagai berikut : (1) Kedatangan Islam di Indonesia (2) Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia Sebelum Penjajahan Belanda, (3) Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia zaman Penjajahan Belanda, dan (4) Islam di Indonesia zaman Modern dan Kontemporer.

Kelebihan dari Buku SEJARAH PERADABAN ISLAM

  • Sebagai sebuah pengantar, buku ini kiranya cukup memadai, sekalipun tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan dan kesalahan. Karena materi yang terkandung di dalamnya berisi uraian Sejarah peradaban Islam yang penting diketahui. Oleh karena itu buku ini disusun dengan aspek-aspek sistem politik dan pemerintahan yang merupakan aspek penting dalam peradaban. Karena itu uraian Sejarah politik Islam dalam buku ini sangat dominan, sementara aspek-aspek lain Nampak hanya terikut di dalamnya, seperti sistem pemerintahan, ekonomi, dan ilmu pengetahuan, Pendidikan, dan seni bangunan.
  • Periodesasi tersendiri bagi Sejarah Islam di Indonesia menunjukkan bahwa ia belum terkait erat dan menyatu dalam kajian Sejarah Dunia islam, yang dalam buku ini masih sangan terpengaruh oleh kajian Sejarah dunia Islam konvensional. Akan tetapi perkembangan Sejarah Islam di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, nampaknya memang khasAsia Tenggara. Ia tumbuh dan berkembang secara damai melalui perdagangan, terlepas dari campur tangan kerajaan-kerajaan besar Islam di Timur Tengah atau Kawasan lainnya. Oleh karena itu  kebudayaan dan peradabannya juga khas Indonesia.

Kekurangan dari Buku SEJARAH PERADABAN ISLAM

  • Bahwa proporsi untuk pembahaan periode modern SEJARAH PERADABAN ISLAM sangat kurang, dibandingkan dengan periode klasik dan periode pertengahan. Hal ini dikarenakan : pertama pembahasan hanya sampai pada zaman kemerdekaan negara-negara Islam setelah Merdeka; kedua : pembahasan mengenai perjuangan kaum muslimin di dalam menegakkan negara-negara merdeka tidak dirinci, karena banyak sekali negara Islam yang harus dipaparkan dalam buku ini; ketiga, oleh karena percaturan pemikiran politik di Negara-negara Islam dalam rangka menegakkan ajaran islam dalam negara modernjuga tidak banyak diungkap; keempat: lebih lanjut hal ini menyebabkan Lembaga-lembaga keagamaan dan peradaban Islam dalam negara Islam modern tidak tersingkap.
  • Cetakan pertama ini kualitas kertas yang digunakan buram

 

Oleh : Tugiman